Perpustakaan Palnam Buka Sabtu dan Minggu

Per­pus­takaan Palnam Dinas Per­pustakaan dan Kearsipan (Dis­persip) Provinsi Kalimantan Selatan, kembali membuka layanan perpustakaan pada Sabtu dan Minggu. Layanan akhir pekan ini dalam rangka meningkatkan pelayanan dan memenuhi aspirasi pemustaka, dengan tetap menge­depankan protokol kesehatan.

Menurut Kepala Dispersip Kalsel Hj Dra Nurliani Dardie MAP, banyak pengunjung pustaka, khususnya para pelajar mengharapkan perpustakaan tetap buka pada hari Sabtu dan Minggu. Karena, pada hari biasa mereka baru pulang sekolah jam setengah empat, sehingga tidak sempat lagi berkunjung ke perpustakaan.

“Layanan perpustakaan dibuka hari Sabtu dan Minggu dari pukul 09.00 sampai 13.00 Wita pada bulan Maret 2021, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata Nurliani, yang akrab disapa Bunda Nunung ini.

Sebelum pandemi Covid-19, sebut Bunda Nunung, Per­pustakaan Palnam memang juga buka pada Sabtu dan Minggu. Namun, karena pan­demi, layanan perpustakaan sempat tutup total. “Sejauh ini pengunjung banyak dari pelajar dan maha­siswa, tapi kalangan PNS dan ibu rumah tangga juga banyak berkunjung, rata-rata mereka menjadi pengunjung sambil mengantar anak mereka ke sini,” ujarnya.

Bunda Nunung menam­bah­kan, Dispersip Kalsel mela­kukan inovasi dengan layanan full day, yakni layanan hari Sabtu dan Minggu tetap buka, se­hingga tidak ada hari libur, kecuali hari besar na­sional. Hal ini untuk mem­permudah akses masyarakat terhadap buku dan referensi.

Sumber:matabanua.co.id