Perpustakaan Palnam Banjarmasin Miliki Armada Pusling Baik Mobil Maupun Trail

Ingin mencerdaskan warga Kalimantan Selatan dan suka membaca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalsel yang terletak di kilometer 6 Banjarmasin tak hanya diam di tempat, melainkan jemput bola dengan mendatangi daerah terpencil dan lembaga pemasyarakat secara rutin.

Menunjang kegiatan tersebut, Perpustakaan Palnam menyediakan mobil perpustakaan keliling (Pusling) dan sepeda motor trail menembus jalan berat di pelosok perdesaan. “Mobil Pusling Palnam mendatangi di LP tak hanya di Banjarmasin, juga Banjarbaru, Martapura, Pelaihari dan lain-lain. Minimal kami membawa dua mobil berisi ratusan buku bacaan,” kata Hj Nurliani Dardie, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel.

Bunda Nunung, panggilan akrab Nurliani menambahkan, sejak menjabat sebagai PLT Dinas Perpustakaan Kalsel, Mei 2016 hingga menjabat definitif, ia telah membuat program mobil Pusling mengunjungi LP.

Dengan kedatangan Pusling secara rutin ke LP, warga binaan memanfaatkan waktu dengan kegiatan positif, menambah ilmu pengetahuan dan wawasan keilmuan melalui membaca buku. “Juga sebagai bekal mereka kelak jika sudah selesai menjadi warga binaan LP,” ungkapnya.

Tak hanya LP, mobil Pusling Palnam secara rutin juga mendatangi sekolah-sekolah terpencil di Batola, Kabupaten Banjar hingga Tanah Bumbu. “Kita memang memberikan pelayanan keliling ke sekolah-sekolah di Kabupaten/Kota se Kalsel. Kita utamakan layanan ke sekolah-sekolah yang agak jauh dari lokasi perpustakaan Kabupaten/Kota dan Provinsi,” ucapnya.

Bila mobil Pusling tak bisa masuk ke daerah terpencil, menggunakan sepeda motor traill mendatanginya. “Kami memiliki beberapa buah sepeda motor trail untuk menbawa buku bagi warga daerah terpencil,” pungkas Bunda Nunung.

banjarmasin.tribunnews.com