Perpustakaan Keliling Sambangi Lapas Karang Intan

Armada Perpustakaan keliling (Pusling) Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas II A Karang Intan, Rabu (17/6/2020). Kedatangan armada Pusling inii untuk mendorong dan menyalurkan minat baca di kalangan warga binaan Lapas.

Armada Pusling berjumlah 6 buah mobil, dengan 650 koleksi buku, langsung dipimpin Kepala Dispersip Kalsel Nurlianie Dardie. Kedatangan armada Pusling disambut hangat Kalapas klas 11A Karang Intan, Sugito. “Biasanya sebelum terpaan covid-19 ini kami sebulan 2 kali berkunjung ke lapas kelas IIA Karang Intan. Dan itu kami memasukkan mobil jadi terserah warga binaan saja memilih buku yang ingin dibaca. Untuk sekarang kami menyortir buku atau meminjamkan buku guna mencegahnya penyebaran covid-19 ini ke warga binaan,” terang Bunda Nunung, sapaan akrabnya. Buku-buku yang dibawa kebanyakan jenis novel, agama, dan keterampilan. Nantinya, pihak Pusling dalam kunjungan berikutnya akan mengganti dengan bacaan yang baru.

Sementara Kapalas Sugito menyambut baik kedatangan Pusling karena sangat bermanfaat bagi para warga binaan di tempatnya, terlebih menyalurkan minat baca warga binaan Lapas. Dia mengatakan Lapas Klas IIA Karang Intan juga melaksanakan kegiatan ketrampilan dan rohani, agar potensi warga binaan dapat berkembang. “Allhamdulillahnya kali ini Ibu Nurliana meminjamkan buku-buku sangat bermanfaat tentunya karena minta baca warga lapas yang sangat tingggi guna mengisi waktu di kamar saat menjalani proses tahanan,” ungkapnya.

jejakrekam.com