Perpustakaan Keliling Palnam Diserbu Murid SDN Alalak Utara 1

Ratusan Murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) terlihat asyik membaca buku yang difasilitasi mobil perpustakaan keliling milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) di halaman SDN Alalak Utara 1 di kawasan Alalak Utara Banjarmasin Utara, Rabu (7/8/2019).

Mobil Bus mini perpustakaan itu, tersebut dalam rangka layanan peningkatan mutu serta menanamkan minat baca sejak dini ke sekolah sekolah.

Fadli petugas perpustakaan keliling (Pusling) mengatakan, tujuannya lebih menanamkan rasa kecintaan terhadap baca, maka Pusling mendatangi sekolah-sekolah yang berada di Banjarmasin.

“Dalam layanan pusling memang diperuntukkan kepada murid-murid SD, namun tidak menutup kemungkinan jika ada warga yang ingin melihatnnya,” katanya.

Kehadiran Pusling dimamfaatkan para murid, ada yang senang memilih buku bacaan ke buku bacaan lain, ada yang senang dengan melihat-lihat gambar saja dan ada pula yang membaca dengan seriusnya.

Kepala sekolah SDN Alalak Utara 1 Marina Mahdalena senang dengan kunjungan Pusling ke SDN alalak Utara 1 tersebut.

“Kalau bisa sesering mungkin agar para murid dapat ilmu pengetahuan yang lebih banyak dari buku-buku bacaan sekolah, ada buku kebudayaan, seni, olah raga hingga pelajaran ketrampilan,”katanya.

Sementara Kepala Dinas Dispersip Hj Nurliani Dardie mengatakan, selain mobil, pihaknya juga menyiapkan sepeda motor trail perpustakaan keliling untuk masyarakat yang jauh dari lokasi wisata literasi perpustakaan daerah.

Tetapi bagi yang dekat, bisa langsung datang ke perpustakaan daerah. “Ini adalah sarana dalam menanamkan minat baca dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sejak dini, sebagai Dispersip kita harus aktif, istilahnya jemput bola,” katanya.

Ada 3 sekolah yang didatangi pusling yakni SDN Alalat Utara 1, SDN Alalak Utara 2 dan SDN Alalak Utara 3 di kawasan Jalan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara. (azka)

 

sumber : klikkalsel.com