Perpustakaan Desa Kapar Banua Pintar Wakili Kalsel Pada Lomba Tingkat Nasional

Perpustakaan Desa Kapar Banua Pintar terpilih sebagai wakil dari Kalimantan Selatan untuk mengikuti lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional Tahun 2020.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Nurliani Dardie mengatakan Perpustakaan di Kabupaten Tabalong itu terpilih karena berhasil meraih juara satu pada Lomba Perpustakaan Desa se-Kalsel.

“Saat ini, Perpustakaan Desa tersebut telah ditetapkan sebagai wakil dari Kalsel, maka mereka akan mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba tingkat nasional yang akan dinilai oleh Tim Juri dari Perpusnas RI. Untuk Kalsel masuk dalam klaster A yang terdiri dari 14 provinsi untuk divisitasi lagi menjadi 6 provinsi yang selanjutnya diundang ke Jakarta pada bulan September 2020,” kata Bunda Nunung sapaan akrab Kepala Dispersip Kalsel, Banjarmasin, Kamis (23/7/2020).

Ditambahkan Bunda Nunung, untuk kriteria penilaian, tim juri akan menilai berkas yang diterima, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan langsung untuk menilai pengelolaan perpustakaan, judul dan jumlah buku yang tersedia, serta tidak kalah penting bangunan perpustakaan dan sirkulasi buku di Perpustakaan Desa.

“Saya berharap Perpustakaan Desa yang menjadi juara mewakili Kalsel untuk lebih giat memperbaiki kekurangan sehingga saat visitasi oleh Tim Juri Perpusnas RI dapat direkomendasikan menjadi 6 besar di klaster A,” ujar Bunda Nunung.

Dan bagi yang belum juara, Bunda Nunung berharap agar tetap semangat dan meningkatkan pelayanan agar menjadi lebih baik dengan pembinaan dari Perpustakaan Kabupaten/Kota setempat.

diskominfomc.kalselprov.go.id