Perpustakaan Desa Kampung Pintar Tabalong Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Provinsi Kalsel

Penilaian lomba perpustakaan Desa atau Kelurahan se-Kalsel sesuai dengan program dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) sudah memasuki babak akhir.

Dari hasil penilaian yang dilakukan tim juri, diputuskan Perpustakaan Desa Kampung Pintar di Kabupaten Tabalong menjadi Juara 1 dengan nilai 793. Lalu disusul diperingkat kedua Perpustakaan Berkat Ilmu Desa Tambak Sirang Laut Gambut Kabupaten Banjar dengan nilai 747 dan diperingkat ketiga adalah Perpustakaan Antam Desa Tambalangan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Adapun penilaian Perpustakaan Desa dilakukan oleh tim juri dengan menilai dari Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola perpustakaan desa, ketersediaan buku baca, sarana dan prasarana, sirkulasi buku, keanggotaan dan komitmen pemerintah desa dalam pengembangan layanan perpustakaan desa serta keterlibatan masyarakat.

Terkait hasil ini, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel Dra. H. Nurliani, M.AP mengucapkan selamat kepada para pemenang. “Semoga nantinya perpustakaan Desa Kampung Pintar Kabupaten Tabalong dapat meningkatkan lagi nilai yang diperoleh, sehingga bisa mengharumkan Kalsel untuk perlombaan ditingkat nasional,” ujarnya.

Selain itu dirinya juga berharap kedepannya akan hadir perpustakaan-perpustakaan desa yang lain mewakili Kalsel ditingkat nasional sebagai hasil dari pembinaan yang dilakukan oleh Dispersip Kalsel dan Dispersip Kabupatan di Kalsel. “Hal ini tentunya penting guna peningkatan kecerdasan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan serta perekonomian masyarakat di desa dari ketersediaan perpustakaan desa,” pungkas Bunda Nunung.

Sumber:www.borneotrend.com