Perpus Palnam Banjarmasin Kembali Dibuka, Segini Jumlah Pengunjung Per Hari

Sempat ditutup selama 105 hari dan kembali dibuka pada 6 Juli 2020, layanan Perpustakaan Palnam dan Tendean, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ), telah dikunjungi masyarakat. Dirata-ratakan pada hari kedelapan ini kunjungan sudah 75 orang per hari.

Seorang pengunjung, Nor Hayati, beralamat Handil Kalua, Gambut, Kabupaten Banjar, mengaku kepada Banjarmasinpost.co.id, sempat merasa sedih terkait penutupan perpustakaan selama tiga bulan itu.

“Tapi ketika saya mendapat informasi melalui media on line Perpus Palnam dan Tendean telah membuka layanan sejak delapan hari lalu, saya berkunjung dan sangat senang sekali karena bisa meminjam buku secara gratis,” ucap remaja 17 tahun yang baru lulus SMA dan telah mendaftar untuk masuk UMPTN perguruan tinggi di Banjarmasin.

Dia tambahkan, pelayanan Perpus Palnam sangat bagus sekali menerapkan protokol kesehatan. Terdedia wastafel dan pengecekan suhu tubuh. “Saya sangat merasa senang karna tidak perlu mencari buku, sebab dibantu petugas.” imbuhnya.

Selain itu, ia juga merasa senang ada taman baca di ruang terbuka dengan gazebonya, serasa mendapat sensasi berbeda, leluasa berdiskusi. Saat diklarifikasi, Iwan sebagai staf layanan Perpus Palnam, mengatakan, bahwa di era kenormalan baru, ruang layanan Perpus Palnam menerapkan protokol kesehatan. Pengunjung diwajibkan mencuci tangan dengan sabun pada saat datang dan pulang, di wastafel yang telah disediakan. Kemudian diperiksa suhu tubuh menggunakan thermogun, menjaga jarak bangku di ruang baca dewasa dan anak dan menggunakan masker. “Selain itu, pengunjung dipersilakan duduk dan membaca, tanpa harus mencari buku di rak agar tidak banyak tangan yang menyentuhnya. Kami yang berkewajiban mencari buku tersebut,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, menyampaikan, dengan dibukanya kembali perpustakaan akan meningkatkan kembali minat baca dan kreativitas masyarakat untuk tetap semangat menghadapi pandemi ini. “Alhamdulillah setelah dibuka ini antusias pengunung kembali ramai. Saya juga rekomendasikan  baca di taman dan gazebo ketika santai,” sebutnya.

banjarmasin.tribunnews.com