Perjuangan Tim Dispersip Palnam Peduli Demi Misi Kemanusian

Dibawah Komando Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Hj Dra Nurliani Dardie  M.AP, atau disapa Bunda Nunung, Tim Dispersip Palnam Peduli kembali sambangi Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Menggunakan 10 unit mobil perpustakaan keliling (pusling), sekaligus membawa pendongeng dan badut, tim ini juga menyalurkan bantuan kebutuhan bahan pokok untuk warga yang terdampak banjir.

Misi kemanusiaan ini menyasar Desa Datar Ajab, Karangani, Patikalain, dan Murung B, di Kecamatan Hantakan Hulu Sungai Tengah (HST). “Sebelumnya, kami belum dapat menembus beberapa desa yang parah terdampak banjir. Makanya kami ganti ban mobil dan membawa lima motor trail,” ungkap Bunda Nunung

Bergerak untuk mengirimkan bantuan, dengan menggunakan motor trail. Pasalnya, motor jenis off-road tersebutlah yang mampu untuk menembus jalan menuju lokasi bencana yang masih terisolasi.

Kondisi jalan berbatu dan berlumpur yang tidak memungkinkan untuk dilewati dari wilayah yang terdampak banjir membuat sejumlah Tim Dispersip Palnam Peduli menggunakan motor trail bergerak. Sebab dengan transportasi tersebut logistik berupa sandang dan pangan bisa dikirim untuk korban terdampak banjir. “Jalan yang putus mengakibatkan distribusi tersendat. Selain itu medan yang sulit mengakibatkan distribusi kebutuhan pokok tidak bisa dijangkau menggunakan mobil. Sepeda motor trail mampu menembus wilayah jalan yang putus, becek, licin dan hanya kita yang sudah berhasil menembus jalur yang sulit dilalui,” ujar Bunda Nunung.

“Ia menambahkan, pihaknya akan didampingi anggota TNI, untuk meminta petunjuk dan sebagai pemandu menuju wilayah yang terisolir,” Pungkasnya.

sumber:liputan4.com