Penyandang Disabilitas Kalimantan Selatan Akan Miliki Perpustakaan Khusus

Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) akan membangun gedung baru bagi penyandang disabilitas. Rencananya pembangunan tersebut akan dimulai pada 2020 nanti.

Kepala Dispersip Kalsel Hj Nurlaini Dardie mengatakan, rencananya memang perpustakan di kawasan Km 6 tersebut akan menambah gedung baru yang diperuntukan bagi penyandang disabilitas.

Pembangunan gedung tersebut berada di belakang gedung perpustakaan.

“Sebenarnya bangunan untuk ruang penyandang disabilitas, jika memungkinkan bangunan utama yang sekarang saja disesuaikan. Namun karena bangunannya tak memungkinkan, Jadi kita putusakan untuk membangun bangunan khusus,” katanya, Senin (12/8/2019).

Menurut dia, pembangunan perpustakaan untuk kaum disabilitas itu mengacu Perda Nomor 60 tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. Artinya, kata dia, para penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama.

“Rencananya gedung baru itu dilengkapi fasilitas membaca untuk tuna netra dan tuna rungu serta infrastruktur pendukung kebutuhan penyandang disabilitas lainnya,” ucapnya

Lokasi pembangunan gedung tersebut juga pernah ditinjau beberapa waktu lalu oleh Kepala Perpustakaan Republik Indonesia Muhammad Syarie Bando.

Dan pembangunan gedung perpustakaan khusus penyandang disabilitas akan dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bersumber APBN.

“Jika tidak ada aral melintang, pembangun akan dilakukan pada 2020 mendatang dan diperkirakan selesainya pada 2021, semoga dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya.(azka)

 

sumber : klikalsel.com