Penulis Banua Bagikan Ilmu Pengadaan Barang dan Jasa di Pal 6 Book Super Sale

Penulis asli Banua, Samsul Ramli S.SOS SCM CERT (ITC) menyapa Kalsel.

Samsul Ramli merupakan praktisi soal pengadaan barang dan jasa.

Kali ini dia berkesempatan membagi ilmunya di acara bedah buku ‘Bacaan Wajib Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahan’.

Acara tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Pal 6 Book Super Sale yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (9/12/2017) siang.

Digelar santai dan diikuti puluhan peserta, Samsul Ramli yang asli Kabupaten Banjar ini membagikan pengalamannya dalam proses pengadaan barang dan jasa khususnya di pemerintahan.

“Dipanggil jadi saksi saja, meski itu jadi saksi yang meringankan gara-gara salah dalam proses pengadaan barang dan jasa, sudah bikin pusing. Makanya proses pengadaan barang dan jasa harus benar sesuai prosedur,” kata Samsul saat mengawali pembicaraan.

Di bedah buku tersebut, Samsul mengajak peserta untuk memahami barang dan jasa pemerintahan dari sisi filosofi, administratif dan teknis.

Menurut Samsul, pengadaan barang atau jasa pemerintah tidak hanya sekedar proses membeli barang atau saja, tapi jauh lebih dari itu adalah untuk mencapai manfaat keuangan negara yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

Samsul sudah menulis sejumlah buku terkait pengadaan barang dan jasa, diantaranya Bacaan Wajib Menyusun Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan, kemudian buku Mengatasi Aneka Masalah Teknis Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan, buku Swakelola Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan dan lainnya.

Kepala Dispersip Kalsel Hj Noorliani Dardie mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pihaknya untuk bisa memberikan sumbangsih pengetahuan khususnya kepada para aparatur negara, terkait pengadaan barang dan jasa.

“Kebetulan ada anak Banua asli yang pakar di bidang pengadaan barang dan jasa, kenapa kita tidak bagi ilmunya,” kata dia.

Pal 6 Book Super Sale yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan masih menyisakan banyak acara, mulai dari Wayang Kulit Purwa Banjar malam nanti, kemudian seminar mindset therapi bersama Sugiharta dan meet & greet bersama Maman Suherman (Kang Maman) 14 Desember mendatang dan masih banyak lagi.

Yang utama, ada pesta buku pada gelaran Pal 6 Book Super Sale di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalsel di Jalan A Yani Kilometer 6 Banjarmasin hingga 31 Januari 2017 nanti.

Sumber : Tribun Banjarmasin