Penelusuran Informasi Satu Pintu Melalui ios.kalselprov.go.id

Sesuai namanya, IOS (Indonesia One Search) adalah pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, arsip dan sumber-sumber elektronik lainnya – khususnya yang ada di Indonesia. IOS juga bisa disebut sebagai Summon (summon is the library’s Google-like search engine that provides fast, relevancy-ranked results through a single search box) untuk seluruh koleksi elektronik perpustakaan Indonesia, sama seperti yang dilakukan WorldCat yang mengindeks koleksi bibliografi dan menyajikannya melalui interface pencarian tunggal. Nah, melalui IOS semua orang bisa mengakses koleksi digital, melihat, mendownload fullteks, menonton video, bahan pembelajaran dan sebagainya. Kemudian yang lebih penting lagi adalah semua perpustakaan yang sudah memiliki sistem dan online, bisa mendaftar ikut bergabung dengan IOS melalui protokol OAI-PMH (Open Archive Initiatives) yang disediakan. Bukan cuma sistem perpustakaan, melainkan sistem-sistem lain yang mendukung protokol OAI-PMH bisa ikut bergabung.

Berikut adalah daftar beberapa sistem perpustakaan populer yang direkomendasikan oleh IOS untuk bergabung dalam mewujudkan penelusuran satu pintu:
Apa manfaat bergabung dengan IOS? Berikut adalah beberapa benefit yang didapat:
  1. Portal perpustakaan menjadi terhubung dengan portal-portal perpustakaan lainnya di seluruh Indonesia.
  2. Pencarian dapat dilakukan dari mana saja secara real-time, termasuk apabila portal perpustakaan yang tidak 24 jam online dapat diakses 24 jam online melalui IOS.
  3. Meningkatkan pencarian dan eksistensi perpustakaan.
  4. Koleksi yang telah terhubung apabila dimiliki oleh perpusnas maka secara otomatis mendapat versi ebook dari Perpusnas.
  5. Menumbuhkan rasa akan pentingnya full akses terbuka di era teknologi informasi.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPERSIP) Provinsi Kalimantan Selatan bukan cuma The Best and Top Contributors di IOS, melainkan juga sebagai member yang sangat loyal dalam hal mendukung teknologi yang dihadirkan oleh Perpustakaan Nasional RI – khususnya untuk lingkungan Dinas Perpustakaan Provinsi atau Kabupaten/Kota.

Kami sudah mengoperasikan dan mengonlinekan INLISLite Versi terbaru, termasuk menyediakan alternatif akses ke IOS melalui URL khusus, yaitu https://ios.kalselprov.go.id.

DISPERSIP Kalsel memang liwaar biasa !