PENDIDIKANSiswa Homeschooling Primagama Class Meeting ke Perpustakaan Palnam

Sedikitnya 20 siswa Homeschooling Primagama Banjarmasin, sekolah berbasis bakat dan minat melakukan Class Metting dengan berwisata literasi ke Perpustakaan Palnam dengan tema peningkatan budaya literasi, Senin (16/12).

“Menjadi siswa homeschooling  lebih relax dan fleksible dalam hal kegiatan belajar, mereka bisa belajar dimana saja, kapan saja dan belajar dengan siapa saja dengan menggunakan internet. Pada saat kunjungan ke Perpustakaan Palnam setiap siswa diberikan tugas untuk memilih buku yang ingin dibaca kemudian membuat ringkasan literaturnya. buku yang dipilih bebas bisa apa saja,” kata Maria Ulfah dari Homescholing Primagama Banjarmasin.

Menurut Maria Ulfah di era digital sekarang membaca dapat memberikan anak-anak bermacam – macam informasi, yang walaupun terkadang informasi itu belum tentu valid. Oleh karena itu perlu bijaksana agar valid juga harus menentukan buku yang ingin dibaca.

“Homeshooling  menjadi sekolah alternatif yang handal dan terus mengembangkan pengetahuan di bidang pendidikan. Homeschooling diyakini mampu membentuk anak bangsa yang berbudi luhur dan berkarakter sesuai dengan bakat serta minat yang mereka miliki,” jelasnya.

Oleh sebab itu untuk mengenalkan lebih dekat perpustakaan yang familiar dengan anak anak sekolah dilakukanlah kunjungan wisata literasi. Didahulukan dengan melakukan pendaftaran menjadi anggota perpustakaan dan selanjutnya masuk keruang baca anak anak dan dewasa/umum.

“Sehingga anak anak homeschooling lebih leluasa dan mandiri untuk ke perpustakaan di waktu lain atau libur dengan memanfaatkan layanan yang nyaman, jaringan internet dan buku yang lengkap serta ramah anak,” tandasnya.

www.kanalkalimantan.com