Pemustaka Terbantu, Dispersip Palnam Buka Layanan Full Day

Permudah akses masyarakat terhadap buku dan referensi, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi kalimantan Selatan membuka layanan pada Hari Sabtu dan Minggu. Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi kalimantan Selatan Hj Dra Nurliani Dardie M.AP,  mengatakan kepada wartawan Liputan4.com, Sabtu (13/3), layanan akhir pekan sengaja dibuka dalam rangka memenuhi aspirasi warga kota akan akses perpustakaan pada hari libur.

Layanan full day, maksud dari program ini adalah layanan hari sabtu dan minggu tetap BUKA dan tidak ada hari libur kecuali hari besar nasional dan juga merpermudah akses masyarakat terhadap buku dan referensi.

Kami ingin tetap memberikan layanan untuk kebutuhan literasi masyarakat saat akhir pekan, atau saat libur,” kata Bunda Nunung sapaan akrabnya. “Selama operasional layanan, kami akan memastikan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ada pembatasan kuota pengunjung,” katanya.

Kuota pengunjung di Perpustakaan dibatasi 100 orang perhari. “Pengunjung tetap diperbolehkan untuk membaca di tempat asalkan masih memenuhi kuota. Jika jumlah pengunjung dalam satu waktu sudah memenuhi kuota maksimal, maka pengunjung berikutnya bisa menunggu terlebih dulu,” tegasnya.

Selain membatasi jumlah pengunjung, juga dilakukan upaya pembersihan atau sterilisasi terhadap koleksi bacaan yang ada di perpustakaan secara berkala dengan penyemprotan disinfektan.

Suasana di ruang Perpus Palnam  (poto istimewa)

Pengunjung yang akan masuk ke gedung perpustakaan juga diwajibkan melakukan pengecekan suhu tubuh, menyemprot sepatu dengan disinfektan dan mencuci tangan, serta wajib untuk selalu mengenakan masker.

Dikatakan Bunda Nunung, disamping pelajar, pengunjung layanan juga berasal dari berbagai kalangan. “Sejauh ini pengunjung banyak dari pelajar dan mahasiswa, akan tetapi kalangan PNS dan Ibu Rumah Tangga juga banyak berkunjung, rata-rata mereka menjadi pengunjung sambil mengantar anak mereka kesini,” ulasnya.

Sumber:liputan4.com