Pemprov Kalsel Perpustakaan Keliling Dispersip Kalsel Sambangi Lapas Narkotika Kelas II A Karang Intan

Setelah cukup lama rehat karena Pandemi Covid-19, Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispersip) Provinsi Kalsel kembali melakukan roadshow ke daerah. Kali ini perpustakaan keliling berkesempatan menyambangi warga binaan di Lapas Narkotika Kelas II A Karang Intan dengan menggunakan enam buah mini bus perpustakaan. “Di enam buah mini bus perpustakaan tersebut kami membawa beberapa genre buku. Diantaranya buku jenis novel, agama hingga keterampilan,” ungkap Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie, Rabu (17/6/2020).

Menurut dia ketiga genre buku tersebut biasanya sangat disukai oleh warga binaan lapas. Karena itulah ketiga genre tersebut disediakan agar dapat dipinjamkan yang nantinya akan dibantu oleh petugas Lapas untuk melayaninya. “Ada sebanyak 650 buah buku yang kami pinjamkan kepada 1.117 warga binaan yang ada di Lapas Narkotika Kelas II A Karang Intan. Nantinya buku-buku ini akan dipinjamkan secara bergilir dengan dibantu oleh petugas lapas,” tambahnya.

Dirinya pun dalam kesempatan ini bersyukur, kegiatan ini mendapatkan respon positif dari warga binaan lapas. Bahkan salah satu warga binaan berpesan agar kami kembali ke sini lagi dengan membawakan buku-buku bacaan lainnya. “Semoga roadshow semacam ini dapat meningkatkan minat baca, pengetahuan dan keterampilan para warga binaan lapas,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II Karang Intan Sugito menyambut baik kunjungan Kadispersip dengan mobil puslingnya Dispersip Kalsel. Diakuinya minat baca warga binaan cukup tinggi, hadirnya pusling juga mendukung program lapas untuk mengembangkan potensi dan bakat mereka. “Semenjak pandemi Covid-19 meningkat, kunjungan di lapas ditiadakan untuk sementara waktu. Untuk mengisi kegiatan harian, warga binaan diikutkan dalam pelatihan keterampilan yang juga merupakan kerja sama dengan instansi lain. Kami di sini juga melaksanakan kegiatan keterampilan dan pembinaan rohani,” tukasnya.

riliskalimantan.com