Pegawai Dispersip Kalsel Terobos Banjir Salurkan Bantuan di Dua Posko Induk

Setelah menyalurkan bantuan kebutuhan bahan pokok kepada korban banjir di beberapa posko, para pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali melakukan hal serupa pada Sabtu (16/01/2021).

Disalurkannya bantuan susulan ini, karena didapati pada penyaluran sebelumnya, masih banyak yang kekurangan untuk keperluan para pengungsi, seperti beras dan air minum.

Akhirnya bantuan disalurkan lagi ke posko induk Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, yang memberikan kebutuhan bahan pokok sesuai permintaan, untuk diserahkan kepada para korban banjir, dengan jumlah lebih dari 1.000 orang.

“Terima kasih banyak atas bantuan ini. Sangat diperlukan untuk para korban banjir di Kecamatan Beruntung Baru, yang terdiri dari tiga posko, dengan pengungsinya sekitar 1.700 orang,” papar Kapten Infanteri Edy Supriadi, Komandan Komando Rayon Militer XI, Kecamatan Aluh-aluh dan Beruntung Baru, usai menerima bantuan.

Dalam kesempatan ini, pegawai bersama Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani, juga sampai ke posko induk korban banjir di Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut, yang pemukimannya telah terendam sejak empat hari lalu, dengan ketinggian hampir satu meter di permukaan jalan.

Perjalanan penyaluran bantuan ini diwarnai suasana yang menegangkan, karena jalan yang telah tergenang cukup dalam, disertai arus cukup kuat, membuat dua mobil besar operasional yang membawa bantuan harus ekstra hati-hati.

“Rasa ingin menangis melihat rumah warga dan jalan yang tenggelam, dan kami memakai perahu motor untuk sampai ke kantor kecamatan membawa bantuan. Mudahan bantuan dari anak-anak Dispersip Kalsel ini dapat meringankan beban dan menambah semangat para korban banjir,” papar Hj. Nurliani, usai menyerahkan bantuan.

Di kecamatan yang terdampak banjir parah ini, bantuan diterima sekretaris camat setempat, yang merasa sangat terbantu.

“Bantuan ini akan kami distribusikan ke berbagai posko yang didirikan masyarakat yang masih bertahan, ini sangat membantu,” ucap Nurdiansyah sekcam Bumi Makmur.

Sumber : jurnalkalimantan.com