Pasca Banjir Pegawai Palnam Gotong Royong Bersihkan Ruang Baca Anak hingga Aula

Banjir yang melanda Kota Banjarmasin menyisakan banyak rumah dan gedung perkantoran menjadi kotor dan penuh lumpur mengeluarkan aroma tak sedap, tidak terkecuali Kantor Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan (Dispersip) Kalsel, gedung kantor milik Pemprov Kalsel salah satu korban terdampak.

Kamis (28/1/2021) dari pagi hingga siang, pegawai Dispersip dipimpin Sekretaris Dispersip Kalsel Dr M Ramadhan SE ME AkCA bersama-sama bergotong royong membersihkan ruang baca anak Kids Library, aula Dispersip, hingga ruang penyimpanan arsip pasca kebanjiran.

Setelah hampir lebih dari sepekan terendam air.

“Bersih-bersih ini kami lakukan setelah air benar-benar kering, beberapa yang kami bersihkan paling parah terendam ruang baca anak, lalu aula, dan ruang penyimpanan yang di bagian belakang,” kata M Ramadhan kepada Kanalkalimantan.com.

Semua buku dan fasilitas penunjang di ruang Kids Library sebelumnya sudah dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi di lantai dua kantor Dispersip Kalsel.

“Setelah pembersihan ini, buku dan lain-lainnya belum bisa kami letakkan kembali ke tempat semula, menunggu benar-benar kering, baru bisa ditata kembali, perlu waktu,” kata Sekretaris Dispersip Kalsel.

Begitu juga aula Dispersip Kalsel di bagian belakang, semua peralatan masih belum dirapikan, sementara hanya pada bagian lantai aula yang dibersihkan. Kondisi yang sama juga di ruang penyimpanan dokumentasi, lantai yang lebih dulu dibersihkan.

“Lainnya menyusul kita rapikan,” pungkas Ramadhan.

Sementara itu, Kadispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie dihubungi Kanalkalimantan.com mengatakan, pihaknya memang saat ini melakukan bersih-bersih kantor Palnam setelah banjir yang menenggelamkan sejumlah ruang di kantor Dispersip Kalsel.

“Alhamdulillah hari ini tadi baru bisa kita bersihkan pasca banjir, tapi belum sepenuhnya rapi, karena buku-buku dan lainnya masih di tempat yang kewring disimpan, setelah kemarin banjir, pembersihan secara gotong royong ini, akan kita lakukan terus, hingga semua benar-benar bersih, dan semua fasilitas akan kita kembalikan seperti semula,” tandasnya.

Sumber : kanalkalimantan.com