Para Pengungsi di Handil Bakti, Tersenyum Kembali Dihibur Dispersip Kalsel

Selain berempati terhadap para korban banjir, Tim Perpustakaan Peduli di bawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), juga memperhatikan anak-anak yang harus mengungsi bersama orang tuanya.

Menyasar posko pengungsian Handil Bakti, Kelurahan Semangat Dalam, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, tim ini membawa kebahagiaan bagi anak-anak, dengan mobil perpustakaan bersama badut dan pendongeng.

Para anak pun banyak tertawa, berkat dongeng yang menghibur. “Ini salah satu cara kami menghibur anak-anak pengungsi banjir. Tentu anak-anak bosan sudah beberapa hari, bahkan mungkin dua minggu tidak tinggal di rumah. Mereka harus diajak bergembira dan tetap ceria,” papar Kepala Dispersip Kalsel, saat dihubungi via whatsapp, Senin (25/01/2021).

Tim Perpustakaan Peduli juga membawa buah tangan, berupa bingkisan makanan ringan, yang membuat para anak tersenyum. “Kemarin saat kita mengunjungi anak-anak yang dibawa mengungsi di Stadion Demang Lehman Martapura, dan Balai Latihan Kerja di Banjarbaru, kita belum sempat menyiapkan snack, baru kemarin saat istirahat pada akhir pekan, kita gunakan waktu membungkus bingkisan buat anak-anak pengungsi,” tambah perempuan yang dikenal energik ini.

dispersip kalsel
Pegawai Dispersip membungkus makanan ringan untuk anak-anak pengungsi

Ia berharap, dengan hadirnya tim ini, dapat memulihkan mental dan keceriaan anak-anak, hingga mengenalkan perpustakaan dan mendekatkan buku sejak dini.

sumber:jurnalkalimantan.com