Paman Birin Ajak “Kekanakan” Kandangan Gemar Membaca

Gubernur Kalimantan Selatan, H.Sahbirin Noor, yang menghadiri undangan Tradisi Badandang di desa-desa baru kecamatan Sungai Raya Kandangan, mengajak sejumlah anak-anak yang hadir mengikuti tradisi Bandadang (layang-layang hias besar) untuk mengunjungi Perpustakaan Keliling milik Dispersip Kalsel, Kamis Siang (26/09/2019).

Selain memeriahkan tradisi bermain layang-layang hias besar dikawasan Kandangan, keberadaan perpustakaan keliling juga merupakan wadah menambah wawasan bagi para anak-anak di Pedalaman yang minim tersentuh dan tidak memiliki fasilitas refensi literasi baca yang cukup.

Salah seorang Pembakal di desa Sungai Raya Kandangan mengatakan, keberadaan perpustaakan keliling di tradisi Badandang, menjadi penambah gairah anak-anak.

Selain mengikuti kegiatan tradisi layang-layang hias, yang memang diadakan saat musim kemarau tiba, hadirnya  Pusling Palnam juga memeberikan manfaat pasti.

“Perpustakaan keliling disambut antusias oleh warga desa Baru terutama para pelajar. Perpustakaan keliling mampu merangsang minat baca masyarakat, baik itu pelajar maupun masyarakat secara umum. Kami berharap agar bisa sering kedatangan perpustakaan keliling sehingga tumbuh budaya membaca buku pada masyarakat kami” ungkapnya.

 

https://dutatv.com