Orang Tua Diminta Dekatkan Anak dengan Buku

Buku salah satu sumber informasi tentang banyak hal, termasuk ilmu pengetahuan. Kebiasaan membaca buku, bisa menjadi modal menyiapkan masa depan. Karena itu, buku harus dikenalkan secara dini kepada anak-anak. Menyambut Hari Buku Nasiona setiap 17 Mei, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, Dra Hj Nurliani Dardie, mengajak para orang tua untuk mendekatkan anak-anak dengan buku.

Hari Buku Nasional berdasarkan momentum berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 17 Mei 1980.“Bertepatan dengan momen Hari Buku Nasional kali ini, saya mengimbau para orang tua mengenalkan dan mendekatkan buku kepada anak-anaknya. Tujuannya, agar menimbulkan ketertarikan mereka dengan buku. Sehingga menciptakan minat baca pada anak-anak,” kata Bunda Nunung, sapaan akrabnya, Sabtu (16/5).

Bunda Nunung memberikan tips kepada orang tua agar anak-anak tertarik untuk membaca buku. Misalnya, menaruh buku-buku yang warna dan gambar yang mencolok di dekat anak-anak. Bahkan bisa saja dicampur dengan mainannya. Tujuanya, agar anak-anak tertarik untuk membaca buku,” imbuh Bunda Nunung.

Peran orang tua, lanjut Bunda Nunung, sangat penting dalam pembentukan karakter dan minat baca anak. “Sebab mengenalkan anak di usia dini dengan buku, diyakini bisa menciptakan generasi pembelajar. Untuk menciptakan generasi pembelajar yang berkualitas, perlu peran keluarga,” tandasnya.

Selain anak-anak gemar membaca buku, sambung Bunda Nunung, juga bagus untuk orang dewasa apapun profesi, baik itu ASN, pegawai swasta, jurnalis bahkan ibu rumah tangga sekalipun. “Sebab jika ingin diperhitungkan, maka harus memiliki kualitas lebih atau di atas rata-rata. Untuk menjadi orang yang berkualitas, gemar membaca menjadi sebuah keharusan,” jelasnya.

banuapost.co.id