Nyamannya Ruang Baca Perpustakaan Palnam Banjarmasin Bikin yang Datang Betah Berjam-jam

Travelling tak selamanya harus naik ke puncak gunung yang pemandangan cukup indah atau ke pantai maupun objek wisata lainnya. Sebenarnya, cukup banyak altenatif tempat rekreasi di Kota Banjarmasin yang mudah dijangkau dan tak mengeluarkan biaya. Salah satu satunya rekreasi sambil menambah wawasan ilmu pengetahuan di Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel di Jalan A Yani Kilometer 6 Banjarmasin.

Perpustakaan Palnam tidak lagi terkesan ‘kumuh’ seperti dibayangkan orang. Sebaliknya bila pengunjung datang ke taman bacaan ini cukup betah, mengingat ruangannya cukup bersih, buku tertata rapi, ada tempat lesehan di lantai atas dan ber AC. Salah satu pengunjung yang sering ke Perpustakaan Palnam Banjarmasin sebelum masa Pandemi Corona, Neno Restelia mengatakan suasana yang adem, buku cukup lengkap dan letaknya tak jauh. “Saya membaca buku bisa sambil rebahan. Apalagi bila bulan puasa, saya sangat senang ke sini hampir 4 jam an,” ungkapnya.

Tak hanya tempatnya tertata rapi, pengunjung yang ingin bersantai membaca buku bisa ke taman yang berada di belakang. “Memang kami tak hanya sekedar menjadikan Perpustakaan Palnam sebagai edukasi pendidikan juga sebagai salah satu pilihan sarana rekreasi edukasi bersama keluarga,” jelas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel, Dra Hj Nurliani Dardie, MAP.

Jadi, kata Bunda Nunung, panggilan akrabnya, pihaknya menyediakan ruang baca di dalam ruangan, juga ruang baca outdoor di belakang. “Kami juga menyediakan tempat bermain anak-anak baik di tempat terbuka mau di ruang baca supaya betah,” ungkapnya.

Di ruang anak-anak ini dibagi dua, di samping kiri khusus anak-anak usia di bawah 3 tahun ada tempat mandi bola, kemah-kemahan dan lain-lain. Anak-anak yang masuk di ruangan ini harus didampingi orangtuanya. Takut anak-anaknya jatuh,” papar Bunda Nunung. Di sebelahnya khusus ruangan anak 3 tahun ke atas juga dilengkapi tempat bermain, ada cara belajar berwudhu dan salat yang cukup menarik diletakkan di tembok dinding, permainan puzzle dan lain-lain. “Di tempat ini orangtua tak perlu mendampingi dan bisa sambil mengerjakan tugas. Tempat ini juga cukup aman buat anak-bermain,” jelasnya.

Menurut Bunda Nunung, daripada jauh-jauh travelling ke luar daerah, lebih baik ke rekreasi edukasi Perpustakaan Palnam saja. “Bagi pengunjung yang ingin melaksanakan salat Zuhur atau Ashar, ada musalanya. Tempat wudhunya cukup bagus, kaya di masjid. Tempat wudhunya juga terpisah antar jemaah perempuan dan laki-laki,” ujarnya.

Begitu juga dengan kamar kecilnya sangat refresenratif, khusus laki-laki dan perempuan terpisah. Juga ada kamar kecil anak-anak di dekat ruang baca. “Bila merasa lapar, pengunjung tak perli repot keluar, kami juga menyediakan kantin dengan masakan khas Banjar,” tandas Bunda Nunung.

banjarmasin.tribunnews.com