Novelis Faisal Bagi Tips Menulis Cerita

Meski Banua masih dilanda pagebluk, tak menyurutkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menggelorakan literasi ke masyarakat.

Instansi gudang ilmu ini menggelar talkshow virtual. Narasumbernya penulis novel tingkat nasional, Faisal Oddang. Sesuai  tema yang diangkat “Kelas Menulis Cerita”, pria asal Sulawesi Selatan (Sulsel) ini berbagi tips menulis cerita kepada 412 peserta talkshow, Senin (3/8). “Membuat sebuah cerita itu diperlukan tiga cara, pertama, kejadian, konflik dan konklusi dan alur dibuat sesuai keinginan yang ingin dibuat penulis,” ujarnya.

Menurutnya, siapa saja berpotensi menjadi penulis. Apalagi yang sudah pernah membuat cerpen, novel serta puisi, bisa menjadi bekal untuk menulis. “Pengetahuan dan pengalaman bisa dijadikan sebagai modal untuk bercerita dan tulislah,” ujarnya.

Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando Titiek Kismiyati melihat yang dilakukan Dispersip Kalsel untuk meningkatkan literasi sudah bagus. “Terus tumbuhkan literasi masyarakat agar bangsa kita luas dalam ilmu pengetahuan,” katanya.

Kadispersip Kalsel Hj Nurliani Dardie mengucapkan terimakasih kepada peserta, narasumber yang telah berpartisipasi dalam talkshow virtual. “Semoga tips menulis yang diberikan narasumber bisa dipraktekkan,” ucapnya.

Bunda Nunung–sapaannya– mengaku, kehadiran Faisal sebagai narasumber mengingatkan kembi denvan sahabat karibnya Agustina Thamrin, penyair dan penulis buku Mantra Malam dari Banjarbaru. “Melihat mas Faisal saya jadi ingat almarhumah,” tuturnya lirih.

www.reportasekalimantan.com