Napi Lapas Tanjung Diajak Gemar Membaca

Tim Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan berkunjung ke Lapas dan Rutan Kelas IIB Tanjung, Jumat (5/3) siang.

Kunjungan Dipimpin Sekretaris Dispersip Kalsel, M. Ramadhan yang mewakili Kadispersip Hj Nurliani yang kebetulan sedang mengikuti kegiatan TMMD ke 110 di HSS. Kehadiran Dispersip idalam  rangka memberikan layanan perpustakaan keliling sekaligus membimbing pengelola perpustakaan tentang bagaimana shelving buku yang ada di Lapas. Ramadhan mengatakan kerja sama yang dilakukan merupakan upaya meningkatkan minat baca warga binaan yang berada di Lapas tersebut.

“Kelak ketika keluar dari Lapas dan Rutan ini, eks warga binaan baik dewasa maupun anak remaja, bisa mendapatkan bekal ilmu dari berbagai buku yang disiapkan. Apalagi, buku yang diberikan berkaitan dengan kewirausahaan, sehingga nanti diharapkan eks warga binaan bisa menjadi seorang wirausahawan,” katanya.

Selain memberikan buku-buku terkait keterampilan dan kewirausahaan, Dispersip Kalsel juga menyiapkan sejumlah buku dengan genre lain, seperti novel dan agama. “Buku yang kami pinjamkan akan diganti secepatnya bergilir dengan dibantu oleh petugas Lapas setempat. Semoga kerja sama ini dapat meningkatkan minat baca, pengetahuan, dan keterampilan warga binaan,” kata Ramadhan.

Kepala Lapas Kelas IIB Tanjung, Rommy Waskita Pambudi yakin buku-buku yang dipinjamkan akan memberikan manfaat positif bagi warga binaan. “Tadi kami dapat pinjaman buku sebanyak 500 judul. Dengan tambahan 500 buku itu menambah koleksi di Lapas kami yakni sebanyak 2.557 buku. semoga buku ini bermanfaat positif bagi warga binaan kami,” pungkasnya.

Sumber:jejakbanua.com