Murid MDIM Kindaung Serbu Perpustakaan Palnam

Kunjungan ke perpustakaan khususnya Kids Library atau perpustakaan anak milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan rupanya tidak pernah sepi dikunjungi. Terbukti, pada Selasa (3/3/2020) pagi, ratusan anak dari sekolah Madrasah Diniyah Islamiyah Muhammadiyah (MDIM) Kindaung khususnya kelas 2 memenuhi Kids Library.

Dengan dikawal puluhan guru pendidik, kedatangan ratusan anak-anak MDIK Kindaung terlebih dahulu disambut dengan olahraga ringan bersama salah satu badut yang tersedia di Perpustakaan Palnam, yakni badut Kuda Ponny Pink kemudian pertunjukan keahlian boneka tangan bernama Ogie.

Menurut Achmad Juhriansyah, salah seorang orang tua siswa MDIM Kindaung Banjarmasin, kunjungan ke Kids Library atau perpustakaan anak di Perpustakaan Palnam merupakan program sekolah yakni outdoor activity MDIM Kindaung Banjarmasin pada semester II tahun pelajaran 2019/2020.

“Selain kelas 2, sebenarnya kunjungan sudah dimulai sejak Senin (2/3/2020) yang lalu untuk kelas 1, kemudian berlanjut untuk kelas 3 dan 4 di hari-hari selanjutnya,” ujar Juhri, sapaan akrabnya.

Dimana, jelas Juhri, dengan berkunjung ke perpustakaan diharapkan menumbuhkan minat membaca bagi sang anak. Apalagi, dengan desain khusus anak, hadirnya Kids Library menjadikan salah satu lokasi alternatif bagi para orang tua untuk membawa sang buah hatinya mengenal perpustakaan.

“Sebuah inovasi yang patut diapresiasi dan dibanggakan karena hadir nya kids library atau perpustakaan anak menjadi solusi bagi orang tua untuk mengenalkan kepada anak bagaimana dunia literasi dan menumbuh kembangkan minat membaca,” papar Juhri.

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel Hj. Nurliani mengaku sangat berterimakasih atas hadir nya ratusan anak murid dari sekolah MDIM Kindaung Banjarmasin, karena dengan hadirnya murid-murid sekolah menjadikan sebuah jembatan dari pihaknya untuk mensukseskan Visi dan Misi pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan yakni mencerdaskan masyarakat Kalimantan Selatan.

“Dispersip Kalsel selalu terbuka untuk sekolah-sekolah yang ingin berkunjung ke Kids Library,” ujar Bunda Nunung.

Tidak hanya bisa dikunjungi, tambah bunda Nunung, pihaknya juga bisa mengunjungi sekolah yang berada di pelosok-pelosok daerah di Kalimantan Selatan. Tujuannya, mengenalkan dunia literasi sehingga menumbuh kembangkan minat membaca.

“Selain kids library, Dispersip Kalsel juga mempunyai puluhan armada trail literasi serta mobil perpustakaan keliling yang setiap saat bisa mengunjungi sekolah yang berada di berbagai wilayah di Kalsel,” pungkas Bunda Nunung.

Untuk diketahui, Perpustakaan Palnam yang dibawah kelola Dispersip Kalsel
ini terdapat sebuah perpustakaan khusus anak atau Kids Library. Perpustakaan yang berada persis di bawah bangunan yang didesain rumah banjar ini, memang didesain sebagai lokasi khusus anak-anak untuk dapat mengenal dunia literasi atau penambah ilmu dengan membaca.

Tidak hanya itu, untuk menarik kunjungan bagi anak-anak, di perpustakaan yang ramah anak ini juga ditaruh beberapa permainan mulai Balita hingga anak-anak yang sudah duduk di bangku Sekolah Dasar.

Kanalkalimantan.com