Mulai Maret, Perpus Palnam Buka Layanan Sabtu-Minggu Dengan Prokes Ketat

Atas usulan dari pemustaka dan para pengunjung, Perpustakaan Palnam Banjarmasin, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan kembali membuka layanan setiap hari Sabtu dan Minggu (weekend).

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, layanan di akhir pekan tersebut akan dimulai pada bulan Maret mendatang, dari pukul 09.00-13.00 WITA. “Banyak yang meminta untuk Perpus Palnam buka lagi di Sabtu-Minggu, seperti sebelum pandemi Covid-19. Karenakan kalau hari biasa banyak yang bekerja atau sekolah, mereka kesulitan untuk datang karena mepet waktunya,” tutur Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, Sabtu (27/2/2021).

Nurliani menjelaskan, protokol kesehatan yang diterapkan nantinya seperti pengunjung diwajibkan mencuci tangan, jaga jarak, menggunakan masker, dan suhu tubuh tidak melebihi 37,5 derajat celcius.

“Mencuci tangan memakai sabun sebelum masuk dan sesudah keluar gedung layanan di wastafel yang telah disediakan, menjaga jarak duduk saat membaca. Kami lebih menyarankan untuk membaca di gazebo samping perpus saja, karena lebih terbuka,” kata Nurliani.

Selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat, pihak Dispersip Kalsel selaku pengelola Perpus juga membatasi pengunjung yang datang yakni hanya 100 orang per hari.

Sebelum pandemi COVID-19, Perpus Palnam yang berlokasi di jalan Ahmad Yani Km 6 memang membuka layanan setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WITA, kecuali hari Jumat hanya sampai pukul 11.30 WITA, dan tutup ketika libur nasional.

Sumber:dutatv.com