Meski Sedang Pandemi, Perpustakaan Keliling Kalsel Tetap Setia Sambangi Lapas Karang Intan

Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan kembali kedatangan Perpustakaan Keliling (Pusling) Dispersip Kalsel, Rabu (17/6/2020). Kedatangan mobil pintar tersebut guna mendorong dan menyalurkan minat baca warga binaan lapas yang berjumlah 1.117 orang.

Kedatangan mobil Pusling ini dipimpin langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel Nurliani Dardie yang disambut Kalapas IIA Karang Intan, Sugito. Ada 6 buah mobil dengan membawa sekitar 650 buku dari 6 rak yang dibawa. Berbeda dengan sebelumnya, mobil Pusling di saat pandemi Covid-19 ini tidak dimasukkan ke dalam lapas. Tapi petugas memilih sejumlah buku untuk dipinjamkan kepada warga binaan. “Biasanya sebelum terpaan covid-19 ini kami sebulan 2 kali berkunjung ke lapas kelas IIA Karang Intan. Dan itu kami memasukkan mobil jadi terserah warga binaan saja memilih buku yang ingin dibaca. Untuk sekarang kami menyortir buku atau meminjamkan buku guna mencegahnya penyebaran covid-19 ini ke warga binaan,” terang Bunda Nunung, sapaan Nurliani Dardie.

Buku-buku yang dibawa kebanyakan jenis novel, agama, dan keterampilan. Nantinya, pihak Pusling dalam kunjungan berikutnya akan mengganti dengan bacaan yang baru. Sementara Kapalas Sugito menyambut baik kedatangan Pusling karena sangat bermanfaat bagi para warga binaan di tempatnya. “Kami disni juga melaksanakan kegiatan keterampilan dan kegiatan rohani dan semua potensi yang ada di lapas Narkotika kelas IIA Karang Intan ini kami coba kembangkan. Allhamdulillahnya kali ini Ibu Nurliana meminjamkan buku-buku sangat bermanfaat tentunya karena minta baca warga lapas yang sangat tingggi guna mengisi waktu di kamar saat menjalani proses tahanan,” ungkapnya.

Kanalkalimantan.com