Meski Akhir Pekan, Perpus Palnam Tetap Beroperasi

Kebijakan tetap operasional di weekend,  merupakan tindak lanjut dari keinginan pustakawan yang sulit untuk datang di hari kerja atau sekolah. “Banyak yang meminta untuk Perpus Palnam buka lagi di Sabtu-Minggu, seperti sebelum pandemi Covid-19. Karenakan kalau hari biasa bekerja atau sekolah, mereka kesulitan untuk datang karena mepet waktunya,” Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani, Sabtu (27/2).

Perpus Palnam yang berlokasi di Jl A Yani Km 6 ini, memang sebelumnya buka setiap hari. Hanya tutup ketika libur nasional. Biasanya pada akhir pekan, banyak anak berkunjung ke kids library, mahasiswa atau pelajar mencari refrensi buku. Namun karena pandemi Covid-19, sejak medio Maret lalu, operasional pelayanannya berubah.

“Jadi untuk jam operasionalnya Senin-Kamis 09:00-15:00 Wita. Jumat 08:30-11:30 Wita. Sabtu-Minggu 09:00-13:00 Wita. Tentunya dengan prokes yang ketat mengingat pandemi belum berlalu,” kata Bunda Nunung, sapaan akrab Kadispersip.

Pengunjung diwajibkan mengikuti seluruh protokol kesehatan yang berlaku guna mencegah penyebaran Covid-19 yaitu harus dalam keadaan sehat,  menggunakan masker, suhu tubuh tidak melebihi 37,5 derajat celcius. “Mencuci tangan memakai sabun sebelum masuk dan sesudah keluar gedung layanan di wastafel yang telah disediakan, menjaga jarak duduk saat membaca. Kami lebih menyarankan untuk membaca di gazebo samping perpus saja, karena lebih terbuka,” tutur Bunda Nunung.

Seperti diketahui, sejak pandemi dispersip sangat membatasi jumlah pengunjung, yaitu hanya 100 orang setiap hari. “Kembali dibukanya layanan perpustakaan di akhir pekan, diharapkan bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya, sekaligus sebagai penghapus lara romantisme ke perpustakaan,” imbuh Bunda Nunung.

Sumber:banuapost.co.id