Meriahnya Kalsel Book Fair di Banjabaru, Pengunjung Pun Berjubel

Kalsel Book Fair yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Kalsel ramai diserbu pengunjung. Sejak 31 Maret 2017, tidak hanya masyarakat Banjarbaru tapi juga dari luar daerah. Gelaran ini akan dilaksanakan  hingga 9 April 2017.

Gelaran pertunjukkan yang berlangsung di panggung megah juga selalu ramai. Penampilan menarik diantaranya dari anak-anak Paud IT anak sholeh Rabbani anak SDN 1 komet anak SMP IT Rabbani Yayasan generasi Rabbani.
SLB Fajar harapan berpartisipasi memeriahkan Kalsel Bookfair menampilkan kebolehan musikalisasi puisi dan musik panting.

Kepala Perpusda dan Kearsipan Propinsi Kalsel, Hj Nurliani Dardie mengatakan masyarakat yang datang ke Kalsel Book Fair patut diberi apresiasi, artinya tujuan digelarnya Kalsel Book Fair sebagai ‘action’ langsung dari pencanangan gerakan Kalsel membaca mengena ke hati masyarakat. Gerakan Kalsel membaca dicanangkan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pada 31 Maret 2017 bersamaan dengan pembukaan Kalsel Book fair.

“Begitu dicanangkan hari itu juga langsung actionnya. Konkrit actionnya itu dengan memfasilitasi ketersediaan buku yang murah dan berkualitas untuk masyarakat. Mendekatkan buku kepada mmasyarakat,” katanya.

Masih menurutnya, sudah merupakan tugas pemprov Kalsel melalui Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Kalsel menyediakan koleksi-koleksi. Kedepannya dia berharap koleksi harus ditambah dengan buku yang lebih fresh dan koleksi buku Best seller. “” Bahkan tidak hanya buku tapi harus dilengkapi dengan pelayanan TI yang memadai,” ujarnya.

Nah, Kalsel Book fair juga akan meriah dengan workshop origami pada Sabtu (8/3) di Lapangan Murjani. Belajar membuat origami atau seni melipat kertas dari Jepang. Workshop ini bahkan akan diisi langsung oleh Kadis Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Propinsi Kalsel, Hj Nurliani Dardie atau yang akrab disapa bunda Nunung.

Acara yang didukung media partner, Banjarmasin Post, BPost Radio, Smart FM ini juga akan diisi dengan banyak kegiatan lain. Ada lomba mewarnai dan menggambar tema suasana perpustakaan digelar Minggu 2 April, lomba madihin tema ayo membaca pada Jumat 7 April, lalu lomba stand up comedy tema ayo memabca pada Sabtu 8 April, kemudian Lomba baca puisi Senin 3 April. Semua lomba berhadiah total jutaan rupiah. Kemudian juga ada workshop yang narasumbernya penulis dan guru, Helvy Tiana Rosa.

Sumber : Tribun Banjarbaru