Mengulas Sumber Daya Genetik Tanaman Lokal Via Zoom Meeting

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan kembali menyelenggarakan talkshow secara daring pada Rabu (9/9/2020) siang. Kali ini, mengusung tema “Sumber Daya Genetik Tanaman Lokal” dengan menghadirkan tiga srikandi, yaitu Hj Raihani WahdahnMS (Guru Besar Faperta ULM), Dr Hilda Susanti SP MSi (Ketua Perhimpunan Hortikultura Komda Kalsel) dan praktisi pertanian Ananda Nove Arisandi SP MP yang menjadi moderator.

Menurut Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie, talkshow secara daring ini merupakan upaya untuk perpustakaan menggerakkan perekonomian masyarakat dalam hal pengelolaan tanaman holtikultura sebagai alternatif pemanfaatan lahan di era pandemi Covid-19. “Sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya sumber daya genetika lokal untuk kesejahteraan. Karena perpustakaan tidak hanya sebagai tempat orang datang untuk membaca dan meminjam buku, tetapi sudah saatnya bertransformasi agar memiliki nilai dan kemanfaatan yang tinggi bagi masyarakat melalui pendekatan inklusi,” papar Nurliani, Jumat (11/9/2020) pagi.

Diakui Bunda Nunung sapaannya, keragaman genetik tanaman Kalsel sangat banyak dari jenis sayuran, tanaman hias, tanaman obat, dan buah-buahan serta tanaman kehutanan. Sehingga, talkshow ini merupakan sarana edukasi terkait pemanfaatan sumberdaya genetik tersebut untuk kesejahteraan masyarakat Kalsel. “Karena pandemi Covid-19 membuat kegiatan masyarakat menjadi terbatas, seiring dengan imbauan untuk berdiam diri di rumah jika tidak ada urusan mendesak.

Tapi ketidak leluasaan beraktivitas bukan alasan untuk berhenti berinovasi, malah bisa membuka peluang untuk mengembangkan diri. Sesungguhnya inilah yang disebut kreativitas, bisa menghasilkan karya dalam kondisi serba terbatas dengan hasil bagus,” tandas Bunda Nunung. Kegiatan ini sendiri, diikuti sediktinya 189 peserta yang mengakses melalui aplikasi Zoom Meeting.

kanalkalimantan.com