Mengisi Puasa Dengan Membaca, Ini Jadwal Layanan Perpustakaan Selama Ramadhan

Selama bulan suci Ramadhan, layanan perpustakaan Palnam Banjarmasin tetap dibuka. Sekadar informasi, operasional layanan perpustakaan selama bulan suci Ramadhan untuk hari kerja adalah Senin-Kamis pukul 09.00-15.00 Wita. Jumat pukul 09.00-11.30 Wita, dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-16.00 Wita.

Pengunjung mengaku datang ke perpustakaan pada siang hari karena sedang berpuasa. “Dari pada nunggu waktu berbuka dengan tidur di rumah atau jalan-jalan tidak jelas lebih baca buku. Bisa nambah ilmu,” kata Agus Wahyudi (28), salah satu pemustaka dari Gambut, Kabupaten Banjar. Ia mengaku gemar membaca buku-buku tentang agama Islam. “Semakin banyak saya baca, keingintahuan saya semakin besar,” ujarnya.

Memang selama pandemi dan bulan suci Ramadhan jumlah pengunjung perpustakaan dibatasi. Meski begitu, kuota yang disiapkan dalam dua gelombang selalu penuh. “Bulan Ramadhan nampaknya bukan menjadi halangan membaca dan berkunjung ke perpustakaan. Hari pertama puasa ini saja, pengunjung tetap saja ramai,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Kalsel Hj Dra Nurliani Dardie, Selasa (13/4/2021) siang.

“Karena protokol kesehatan, jumlah pengunjung dibatasi. Tapi kuota selalu penuh,” katanya.

Untuk bisa masuk, pengunjung perpustakaan Palnam harus melakukan reservasi terlebih dulu. Hal itu untuk mengantisipasi kemungkinan membludaknya pengunjung. Karena sebelum pandemi Covid-19, jumlah pengunjung perpustakaan selalu ramai.

“Kebanyakan yang datang pelajar dan mahasiswa, dan ibu rumah tangga membawa anak-anak,” tambahnya.

Sumber:.kanalkalimantan.com