Mendongeng di Acara “One Day For Children” Panti Sosial Asuhan Anak Budi Mulia

Permintaan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan meminta Perpustakaan Keliling dan Pendongeng Cerita Rakyat yang dimiliki Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel mendukung kegiatan One Day For Children (ODFC) di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) “Budi Mulia” Banjarbaru. Dispersip Kalsel menghadirkan pendongeng berpengalaman yang menceritakan tentang cerita rakyat Kalimantan Selatan dengan berbahasa Banjar.

Acara ODFC diselenggarakan Senin (9/11/2020) di PSAA “Budi Mulia” di jalan A Yani  Km 27,  Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, dihadiri 100 anak-anak penghuni PSAA Budi Mulia dan undangan berlangsung meriah.

Selain pendongeng Dispersip Kalsel juga membawa mobil perpustakaan keliling tak kalah antusias dikunjungi oleh anak-anak dengan melihat gambar di buku dan membaca buku yang telah disesuaikan dengan umur anak-anak.

Kepada Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih Dispersip Kalsel dipercaya untuk mengisi kegiatan ODFC tersebut. “Kegiatan ini merupakan sinergisitas antar instansi untuk meningkatkan minat baca di kalanagan anak-anak, dan merupakan wahana untuk lebih mencintai cerita-cerita lokal yang memang banyak mengandung cerita tentang kearifan dan kebersamaan untuk bersosialisasi yang dimasa sekarang,” ujarnya.

Di hadapan ratusan peserta dan tamu undangan ,ODFC tersebut selain mendukung Visi pertama “Kalsel Cerdas” untuk memberikan semangat dan motivasi membaca serta memperkaya wawasan kepada anak-anak agar lebih gemar membaca dan mengetahui cerita-cerita daerah Kalimantan Selatan. Besar harapan bahwa kegiatan ini tidak berhenti dan terus berlanjut di waktu mendatang. “Kami akan selalu berusaha untuk mewujudkan tujuan ini,” pungkasnya.

Kepala PSAA Sri Mulyani mengucapkan terima kasih atas kesediaan mobil Perpustakaan Keliling dan Pendongeng dari Dispersip Kalsel yang telah berkenan memeriahkan acara ODFC tersebut. “Ini merupakan kerjasama yang kesekian kalinya antara PSAA dengan Dispersip Kalsel, semoga terus berlanjut kunjungan mobil keliling dan pendongeng. Badut yang dimiliki oleh Dispersip Kalsel di masa-masa yang akan datang dengan terjadwal sehingga dapat meningkatkan minat baca dan kreativitas penghuni PSAA Budi Mulia Banjarbaru,” pungkasnya.

kanalkalimantan.com