Menaiki Tanjakan dan Menyeberangi Sungai, Tim Dispersip Kalsel Berbagi Keceriaan ke Papagaran

Didampingi salah seorang anggota TNI dari Komando Distrik Militer 1002/Barabai, tim Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), mendatangi salah satu desa terpencil di kawasan puncak Gunung Meratus, di Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Dengan menggunakan motor trail, rombongan harus melalui jalan yang menanjak, berlumpur, hingga melalui sungai, untuk sampai di salah satu posko pengungsian banjir longsor di Desa Papagaran.

Tim relawan yang langsung dipimpin Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani ini, memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok, hingga menghibur anak-anak di penampungan dengan dongeng dan bernyanyi bersama.

Salah satu pengungsi yang sempat berbincang dengan Bunda Nunung (sapaan akrab Hj. Nurliani), merasa bersyukur dapat perhatian dari Pemerintah Provinsi Kalsel, yang membawa sembako dan keceriaan.  “Sangat bahagia rombongan dapat sampai di kampung kami yang terpencil ini, terima kasih bu,” ungkap Hatran, salah seorang warga.

Dalam bincang-bicangnya, pemuda dayak Meratus ini juga mendapat nasihat dari Bunda Nunung, untuk melanjutkan pendidikanya melalui sekolah kejar paket A dan seterusnya, agar dapat menambah pengetahuan dan berguna bagi masyarakat dan bangsa.  “Semangat, rajin membaca, masih muda umurnya, perjalanan hidup masih panjang,” papar Kepala Dispersip Kalsel, Selasa (09/02/2021).

Dispersip

Ia menambahkan, wilayah ini merupakan salah satu yang terdampak parah banjir dan longsor, hingga di aksi jilid kedua ini, pihaknya bersama tim sengaja berbagi keceriaan di tempat ini.

sumber:jurnalkalimantan.com