Memeriahkan Hari Dongeng Nasional 2020, Ini Agenda Dispersip Kalsel

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan punya sejumlah agenda menarik bagi anak-anak yang dipusatkan di Perpustakaan Palnam, Banjarmasin.  “Kami mengundang anak-anak yang akan mendengarkan dongeng di ruang Kids Library Perpustakaan Palnam maupun panggung luar ruangan yang bisa disaksikan pengunjung,” kata Kepala Dispersip Kalsel Nurliani, Jumat (27/11/2020).

Meski ditengah Pandemi, peringatan Hari Dogeng Nasional tetap dilaksanakan, tentunya dengan menerapkan aturan sesuai protokol kesehatan.  “Kita juga melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Al-Aqsho yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Hidayatullah Banjarbaru membawa Mobil Perpustakaan Keliling,” ucap Bunda Nunung sapaan akrab Kadispersip Kalsel.

Kunjungan nantinya, juga turut dimeriahkan hiburan Badut serta menghadirkan pendongeng Novia Eka Saputri (Guru PAUD) asal Kota Banjarbaru. “Namun hanya menghadirkan maksimal 20 orang anak-anak karena mereka tidak masuk sekolah. Durasi acara juga tidak lama,” tuturnya.

Kendati demikian, tidak mengurangi makna peringatan Hari Dongeng Nasional yang sudah jadi agenda peringatan setiap tahunnya. “Cerita-cerita itu dapat menciptakan imajinasi di dalam otak. Kemampuan dalam berpikir dan membayangkan hal-hal yang baik di dalam otak adalah kunci kesuksesan bagi anak di masa depan,” ujarnya.

Untuk diketahui mendongeng (story telling) merupakan kegiatan positif yang bisa dilakukan setiap orangtua dan anak agar memiliki kedekatan yang kuat.

rri.co.id