Membaca di Perpustakaan Palnam Banjarmasin Semakin Asyik di Gazebo dan Kursi Alami dari Batang Pohon

Pengunjung yang datang ke Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel di Jalan A Yani kilometer 6 Banjarmasin ingin bersantai sambil membaca buku.

Pencinta buku tak perlu bingung, di belakang gedung telah disiapkan ruang terbuka yang cukup luas, rindang dengan rimbunnya pepohonan serta sepoi-sepoi semilir angin. Terlihat ada tiga gazebo ukuran sedang dan satu gazebo ukuran besar berbentuk panggung Banjar terbuat dari kayu ulin.

Di sampingnya, bagi pengunjung yang ingin membaca dengan “kursi alami’, ada tempat duduk dari batang kelapa. Dinding gazebo, dihiasi lukisan pemain musik panting, madihin, menar, kesenian daerah lainnya

“Bila pengunjung ingin menggelar tikar di sini untuk membaca, kami juga menyediakannya,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel, Dra H Nurliani Dardie, MAP.

Selain itu, lanjut Bunda Nunung, panggilan akrabnya, biasanya secara rutin mendatangkan pendongeng ke Perpustakaan Palnam. Acaranya biasanya digelar gazebo ukuran besar. Pendongengnya juga ada karyawan Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Provinsi Kalsel seperti Jamal, Resa dan lain -lain. Juga ada boneka badut untuk menghibur anak-anak.

banjarmasin.tribunnews.com