Maret Nanti, 4 Pembicara Didatangkan ke Perpustakaan Palnam

Jika tidak ada aral melintang, Dispersip (Dinas Perpustakaan dan Kerasipan) Kalsel akan mendatangkan empat pembicara ke Perpustakaan Palnam bulan Maret mendatang. Keempatnya yaitu Habiburrahman El Shirazy atau Kang Abik (10 Maret 2020), dr Gia Pratama (14 Maret 2020), Dimas Gulaga atau Kak Dimas (16-18 Maret 2020) dan Ayu Utami (22 Maret 2020).

Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie mengungkapkan, didatangkannya empat pembicara ini, guna mengkampanyekan minat baca serta mempromosikan keberadaan perpustakaan. Dengan kehadiran empat pembicara ini, Bunda Nunung -sapaan akrabnya- berharap, minat baca serta tingkat kunjungan ke perpustakaan akan meningkat.

“Karena menumbuhkankembangkan minat baca kepada masyarakat itu perlu upaya yang masif dan terus menerus,” kata Bunda Nunung.

Di antara empat pembicara, salah satunya Dimas Gulaga alias Kak Dimas Bahagia merupakan nama baru yang diundang Dispersip Kalsel untuk datang ke Perpustakaan Palnam. Menurut Bunda Nunung, Dispersip Kalsel sebelumnya pernah mengundang pendongeng-pendongeng nasional lainnya, namun kali ini Kak Dimas Bahagia diundang untuk memberikan sesuatu yang berbeda. “Kak Dimas kami datangkan dalam rangka memperingati Hari Dongeng Internasional,” ungkapnya.

Di samping itu, Dispersip Kalsel juga mewacanakan untuk mengundang penulis Fiersa Besari. Kendati begitu, Bunda Nunung belum membeberkan kapan penulis yang juga musisi ini dating ke Perpustakaan Palnam. “Kita belum dapat tanggal. Kemarin terakhir kami berkomunikasi dengan managernya di bulan November dan Desember,” lugasnya.

Untuk mendatangkan pembicara ke Perpustakana Palnam, tentunya Dispersip Kalsel lebih concern ke penulis. Namun Bunda Nunung tidak menampik, selebriti yang juga penulis bisa diundang ke Perpustakaan Palnam. “Bisa juga bukan dari kalangan artis tap penulis buku-buku best seller, budayawan dan sastrawan terkini Indonesia,” kata Bunda Nunung.

Sekadar mengingatkan, di awal tahun 2020 ini saja, Dispersip Kalsel telah mendatangkan dua pembicara, yakni Marcella Simon dan Prie GS. Kedatangan penulis dan budayawan ini mendapat sambutan hangat masyarakat Kalsel. Bunda Nunung mengakui, belum pernah ada acara di Perpustakaan Palnam yang tidak disambut gegap gempita. “Setiap penulis punya penggemar masing-masing. Insyaallah sampai bulan Juni sudah ada daftar yang akan datang ke Perpustakaan Palnam,” tandas Bunda Nunung.

kanalkalimantan.com