MAN 2 Wakili Kalsel ke Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional

Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Banjarmasin, mewakili Kalsel dalam lomba perpustakaan SLTA/Sederajat tingkat nasional 2020. “Terpilihnya MAN 2 ke lomba tingkat nasional, setelah meraih juara satu lomba perpustakaan SLTA/Sederajat se-Kalsel, 6 Juli lalu,” jelas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, Dra Nurliani, Kamis (9/7).

Karena itu, lanjut pejabat yang akrab dengan sapaan Bunda Nunung, perpustakaan MAN 2 diharapkan segera mempersiapkan. “Lomba akan divisitasi dan dinilai tim juri dari Perpusnas RI. Kita harapkan bisa masuk 15 besar dari 34 provinsi dan diundang ke Jakarta, September mendatang, untuk presentasi,” katanya.

Kriteria penilaian tim juri, sambung Bunda Nunung, berkas yang diterima, kemudian dilanjutkan dengan mengunjugi langsung ke perpustakaan SLTA/Sederajat. “Menilai bagaimana pengelolaan perpustakaan, SDM nya, jumlah buku yang tersedia, apa saja judul buku yang ada, bangunan perpustakaan dan sirkulasi buku di perpustakaan sekolah tersebut,“ ujarnya.

MAN 2 Banjarmasin menyingkirkan 5 sekolah lainnya, yaitu SMK Shaltiyah Bitin, HSU, SMAN 1 Tanta, Tabalong, SMK Darussalam, Banjar, SMKN 2 Simpang Empat, Tanah Bumbu, dan SMAN 2 Kotabaru.

Sementara Hj Arbayah, Kasi Pembinaan Perpustakaan dan ketua Tim Penilai Perpustakaan SLTA/Sederajat, mengungkapkan, Juara Lomba Perpustakaan SLTA/Sederajat, selain mendapat sertifikat dan tropi juga uang Pembinaan.

Juara 1 Rp 3,5 juta, Juara 2 Rp 3 juta, Juara 3 Rp 2,5 juta, Juara 4 Rp 2 juta, Juara 5 Rp 1,5 juta dan Juara 6 Rp 1 juta. “Sebagai juara dan mewakili Kalsel ke tingkat nasional, MAN 2 hendaknya lebih giat memperbaiki kekurangan. Sehingga saat visitasi Tim Juri Perpusnas RI, dapat direkomendasikan menjadi 15 besar,” harap Bunda Nunung.

banuapost.co.id