MAN 2 Banjarmasin Wakili Kalsel di Lomba Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banjarmasin, mengikuti lomba perpustakaan SLTA/Sederajat tingkat Nasional tahun 2020. Sebelumnya, madrasah ini menjuarai Lomba Perpustakaan SLTA/Sederajat Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan pada 6 Juli 2020.

Perpustakaan MAN 2 Banjarmasin menyingkirkan lima perpustakaan sekolah lainnya di Kalsel, yakni Perpustakaan SMK Shaltiyah Bitin Kabupaten Hulus Sungai Utara, SMAN 1 Tanta Kabupaten Tabalong, SMK Darussalam Kabupaten Banjar, SMKN 2 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu dan SMAN 2 Kabupaten Kotabaru. “Sebagai pemenang, mereka berhak mewakili Kalsel di lomba tingkat nasional,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel, Nurliani, Kamis (9/7/2020).

Menurut Nurliani, pasca ditetapkan mewakili Kalsel, Perpustakaan MAN 2 Banjarmasin diminta mempersiapkan diri karena mereka bakal bersaing dengan peserta dari seluruh Indonesia.

Nantinya, tim juri dari Perpusnas RI akan melakukan kunjungan dan penilaian. Selanjutnya, akan disaring 15 perpustakaan dari 34 provinsi di Indonesia. “Tahap awal kita menargetkan MAN 2 bisa masuk 15 besar. Kalau masuk 15 besar, mereka akan diminta presentasi di Jakarta pada September 2020,” ujar Nurliani.

Nurliani menambahkan, untuk kriteria penilaian, tim juri akan menilai pengelolaan perpustakaan, SDM-nya, jumlah buku yang tersedia di perpustakaan, serta apa saja judul buku yang ada, bangunan perpustakaan dan sirkulasi buku di perpustakaan sekolah tersebut.

kalsel.inews.id