Mahasiswa ULM Juarai Lomba Puisi Se – Kalimantan Selatan

Qusnul Aqidahtul Izzah, mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin ini sukses menjadi juara I dalam lomba baca puisi yang di gelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel, Minggu (24/11).

Wanita ini berhasil menyingkirkan puluhan peserta dari berbagai daerah di Kalsel. Penampilannya di atas panggung berhasil memikat HE Benyamine, Micky Hidayat dan Sandi Firly yang ditunjuk sebagai juri dalam lomba tingkat provinsi tersebut.

Lomba dimulai dari jam sembilan pagi ini, satu per satu peserta membaca puisi berjudul Telah Kuhapus Kata-kata karya Micky Hidayat yang merupakan penyair asal banua. Para peserta rata-rata memiliki kualitas yang baik dalam membaca puisi. Mereka datang mewakili sekolah dan kampus masing-masing.

Setelah seluruh peserta selesai tampil, dewan juri berdiskusi dan menghasilkan enam juara. Juara Harapan 3  Yuliani dari Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Juara Harapan 2 Nida Ul Hasanah dari SMAN 7 Banjarmasin, dan Juara Harapan I Annida dari Universitas Islam Negeri Antasari. Selanjutnya Juara III Hadia Yuhani dari Kampus Universitas Achmad Yani (Upaya), Juara II diraih Ibrahim dari STMIK Indonesia Banjarmasin dan Juara I Qusnul Aqidahtul Izzah dari ULM Banjarmasin.

Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie mengatakan salah satu untuk menumbuhkan minat baca melalui lomba puisi, baik bagi siswa SMA/SMK maupun mahasiswa. Ketika mereka membuat syair puisi, pastinya harus banyak referensi, membaca adalah kunci utamanya.

“Kegemaran membaca akan merekam yang akhirnya dapat mereka tumpahkan dalam suatu karya puisi,” ujarnya.

Melalui lomba seperti ini akan membentuk sikap dan perilaku serta perbuatan sehari-hari. Kesenangan membaca merupakan modal dan faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembangunan masyarakat untuk lebih cerdas, luwes dan tangkas dalam menghadapi peluang dan tantangan.

“Selamat bagi para pemenang, jangan cepat puas dengan hasil yang didapat, terus berkarya,” harapnya.

https://www.reportasekalimantan.com/2019/11/mahasiswa-ulm-juarai-lomba-puisi-se.html?fbclid=IwAR3nwAps-nZ6ll23mLOKAScyHdTuVY64r8DRwWQxVQbsP0uzkpShBm47cuE