Literasi Buku Terus Digencarkan ke Penjara di Kalsel

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan terus mendukung misi pertama dari Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor: pengembangkan sumber daya manusia yang agamis, sehat, cerdas dan terampil.

Indikator utama terkait indeks pembangunan manusia. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, di antaranya institusi pendidikan, Satuan Kerja Perangkat Daerah atau pihak-pihak yang secara langsung maupun tidak langsung ikut memajukan literasi.

Salah satunya kerja sama dengan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan. Bertempat di kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan.

Penandatangan perjanjian kerja sama ini langsung diteken oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Nurliani, MAP; dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, Agus Toyib.

Selama ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan telah memberikan layanan Perpustakaan Keliling ke Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan, dan Balai Pemasyarakatan di Provinsi Kalimantan Selatan seperti:

  1. Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura
  2. Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjarbaru
  3. Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Narkotika Karang Intan
  4. Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak Kelas I Martapura
  5. Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin
  6. Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabaru
  7. Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Rantau Prapat
  8. Rumah Tahanan Kelas IIB Pelaihari Tanah Laut
  9. Rumah Tahanan Kelas IIB Marabahan Barito Kuala
  10. Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin

banjarhits.com