Lewati Gang Sempit, Trail Pustaka Dispusip Kalsel Sambangi SDN Inti Surgi Mufti 4

Iring-iringan 4 unit motor trail memasuki gang sempit di Jalan Masjid Jami Nomor 1, Kelurahan Surgi Mufti Banjarmasin Senin (24/6/2019).

Bukan trail biasa, mereka adalah rombongan trail pustaka dari Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kalimantan Selatan.

Dengan tas khusus berisi beragam buku bacaan di bagian boncengan, mereka menuju SDN Inti Surgi Mufti 4 yang lokasinya berada ditengah-tengah pemukiman padat penduduk.

Meliuk-liuk melalui gang sempit, kehadiran trail pustaka langsung disambut para murid SDN Inti Surgi Mufti 4.

“Kegiatan Trail Pustaka Keliling yang diadakan di SDN Inti Surgi Mufti 4 Banjarmasin dalam rangka pelayanan perpustakaan keliling yang diadakan setiap hari,” jelas Khusnul Khatimah, staf pelayanan Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalimantan Selatan.

Mengingat jalan yang menuju SDN Inti Surgi Mufti 4 Banjarmasin tak bisa dilalui mobil perpustakaan keliling, maka trail pustaka yang jadi pilihan.

“Khusus jalan sempit yang sulit dijangkau kendaraan roda 4, Perpustakaan dan Arsip Kalsel tetap melayani daerah-daerah tersebut dengan menggunakan Trail Pustaka keliling. Tujuannya untuk menumbuh kembangkan minat baca dan daya tarik terhadap buku bacaan bagi anak-anak,” tambah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Hj Nurliani Daedie.

Sementara Kepala Sekolah SDN Inti SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin Yuni Chandra Dewi, mengungkapkan terimakasih karena para muridnya senang bisa mendapatkan literasi yang tidak didapatkan di sekolah.

“Ini merupakan terobosan yang cantik disaat pemerintah menggalakan literasi, alhamdulilah Perpustakaan dan Arsip Kalsel memberikan suasana yang baru bagi anak-anak dengan adanya Trail Pustaka,” kata dia.

 

(banjarmasinpost.co.id/rahmadhani/Aya Sugianto)