Layanan Sabtu-Minggu Palnam, Kids Library Dibuka untuk Orangtua dan Anak

Layanan perpustakaan Palnam Dispersip Kalsel mulai dibuka untuk umum akhir pekan Sabtu dan Minggu. Aktifitas bagi pemustaka tersebut, sebelumnya sempat dihentikan selama pandemi Covid-19 di Provinsi Kalsel. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie menyampaikan, meski kembali dibuka saat akhir pekan jam operasionalnya tetap dibatasi sesuai dengan aturan PPKM. Layanan Sabtu dan Minggu di pusat literasi Palnam hanya dibuka dari pukul 09.00 hingga 13.00 Wita. “Kami membuka operasional layanan Sabtu dan Minggu Perpustakaan Palnam mulai pekan pertama bulan Maret ini,” ujar Nurliani, Minggu (7/3/2021).

Walau ada sedikit kelonggaran dengan membuka fasilitas publik pada akhir pekan, ia memastikan, protokol kesehatan Covid-19 tetap diterapkan secara ketat. Termasuk dengan membatasi jumlah pengunjung dalam satu waktu, sehingga tidak menimbulkan kerumunan di perpustakaan. “Jadi, pengunjung masih diperbolehkan untuk membaca di tempat,” katanya.

Ia pun menjelaskan, untuk Perpustakaan Palnam, pengunjungnya dibatasi 100 orang dalam satu waktu. “Kids Library juga kami buka untuk orangtua yang mendampingi anak-anaknya dengan jumlah pengunjung dibatasi,” kata Bunda Nunung –biasa disapa-.

Salah satu pemustaka Muhammad Yusuf mengaku berkunjung ke Perpustakaan Palnam sengaja memilih pada akhir pekan karena hanya waktu dua hari itu yang dimilikinya berada di Banjarmasin. Pria dari Kabupaten Tanah Bumbu ini langsung mencetak kartu anggota Perpustakaan Palnam. “Sungguh menyenangkan karena disambut dengan pelayanan yang prima, karena petugasnya ramah-ramah dan pembuatan kartunya cepat sekali, semuanya tetap menjaga protokol kesehatan,” aku Yusuf.

Sumber:kanalkalimantan.com