Kunjungan Pusling Sekaligus Nostalgia, Siswa SD Malintang Antusias Pilih Buku Kesukaan

Banyak sekolah hingga lembaga pemasyarkatan yang sudah didatangi perpustakaan keliling (Pusling) dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Propinsi Kalsel.

Khusus sekolah, mulai sekolah berada di perkotaan hingga kabupaten bahkan daerah pesisir, semua pernah dikunjungi Pusling.

Sekarang giliran SDN Malintang 1 di Desa Malintang Lama RT1, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, yang mendapat kunjungan.

Tak pelak Pusling langsung diserbu para murid yang seolah kehausan bahan bacaan. Mereka memilih-milih aneka buku yang tersedia.

Ada yang membaca bersama teman-temannya. Semua ceria, tampak begitu senangnya mereka mendapat bahan bacaan tersebut.

Adapula yang istimewa pada kunjungan kali ini. Kebetulan sekolah tersebut dulunya tempat Kepala Dispersip Kalsel Hj Nurliani Dardie menuntut ilmu semasa kecil.

“Ini sekolah dasar tempat saya dulu belajar, pada rentang tahun 1971-1976. Orangtua dan saudara masih tinggal di desa ini. Jadi saya sering ke sini bersilaturahim. Tapi untuk kunjungan Pusling malah baru ini, setelah sekolah-sekolah yang lain,” seloroh Bunda Nunung, panggilan akrabnya.

Kunjungan Pusling ke SD tersebut yang notabene malah belakangan, tandas Bunda Nunung menunjukakan bahwa pihaknya profesional, tidak ada KKN.

“Kami justru mendahulukan sekolah-sekolah di kampung lain bahkan yang jauh di pesisir seperti di Jorong, Tanah Laut dan pelosok-pelosok Batola,” tukasnya

 

Sumber : Tribun Banjarmasin