Kunjungan Ke Perpustakaan Palnam Tak Pernah Sepi, Promosi Minat Baca Tak Sia-sia

Dalam kurun waktu kurang dari sepekan, tingkat kunjungan ke Perpustakaan Palnam Dispersip Kalsel cukup tinggi. Ini dibuktikan dengan tingginya kunjungan ke perpustakaan selama lima hari terakhir yang berjumlah 647 orang.

Di antara kunjungan dalam lima hari terakhir saja, pada Rabu (26/2/2020) MI Ar Raudhah Banjarmasin memboyong 45 siswa dan 3 guru ke Perpustakaan Palnam. Masih di hari yang sama, MIS Al Hamid Banjarmasin memboyong 69 siswa beserta 5 guru, dan Kelompok Bermain Sun Shane Banjarmasin yang memboyong 16 anak beserta 5 guru.

Masih di hari yang sama, siswa SMK Negeri 3 Banjarmasin juga menyambangi Perpustakaan Palnam. Sebanyak 107 siswa didampingi 3 guru berkunjung ke perpustakaan terbesar di Kalsel ini.

Bahkan, dalam kurun waktu dekat ini sekolah MDIM Kindaung Banjarmasin akan menjadwalkan kunjungan ke Kids Library Perpustakaan Palnam dalam kurun waktu empat hari berturut-turut. Diprediksi 600 siswa dari sekolah madrasah ini akan menyambangi Perpustakaan Palnam dari tanggal 2 Maret hingga 5 Maret 2020 mendatang.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat yang berkunjung ke Perpustakaan Palnam, Kepala Dispersip Kalsel Hj Nurliani Dardie mengaku bersyukur dengan tingginya pergerakan jumlah kunjungan yang sangat signifikan dalam kurun waktu singkat. “Artinya, promosi minat baca dan promosi perpustakaan serta perbaikan kualitas layanan kami tidak sia-sia,” kata Bunda Nunung, sapaan akrabnya.

Selain itu, Bunda Nunung memiliki keyakinan bahwa bukan minat baca dan minat kunjung perpustakaan masyarakat yang kurang. Ia mengakui, masih ada hal-hal yang perlu dievaluasi agar minat baca masyarakat Kalsel semakin tinggi. “Tapi kami yang harus introspeksi diri untuk memperbaiki kualitas layanan publik,” tandasnya.

Ditambahkannya, peran serta media dalam mempromosikan minat baca juga berkontribusi terhadap minat baca dan kunjungan ke perpustakaan. “Kami juga promosi dari mulut ke mulut hingga menggunakan media sosial,” tukas Bunda Nunung.

kanalkalimantan.com