Komisi III DPRD Kalteng Kunjungi Perpustakaan Palnam, Banyak Bahan Bisa dibawa Pulang

Sekalipun Perpustakaan adalah sumber ilmu pengetahuan, masih banyak di luar sana orang-orang belum memanfaatkan perpustakaan secara maksimal. Untuk itu, diperlukan kiat dan strategi agar perpustakaan lebih membumi; dekat kepada masyarakat sehingga menumbuhkan kesadaran betapa pentingnya membaca buku.

Kaitannya dengan hal tersebut di atas, Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan tak berhenti untuk melakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk dikaji. Tak heran, banyak pihak yang menjadikan Dispersip Provinsi Kalsel atau kerap disebut perpustakaan Palnam ini menjadi project percontohan.

Salah satunya yang baru saja mengunjungi Perpustakaan Palnam adalah dari Komisi III DPRD Kalteng. Kunjungan tersebut dalam rangka mempelajari bagaimana mengembangkan perpustakaan terlebih dalam situasi pandemi covid -19 saat ini. “Tujuan kami dari Komisi III DPRD Kalteng berkunjung ke perpustakaan Palnam adalah untuk mempelajari kiat-kiat dan wawasan dalam rangaka mengembangakan perpustakaan ke depannnya, terlebih new normal dan pandemi masih berjalan, perlu berbagai inovasi baru untuk dilakukan,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Hj Siti Nafsiah saat berkunjung ke Perpustakaan Palnam, Kamis, 13-8-2020.

Anggaran Dana Perpustakaan

Salah satu yang menarik perhatian dari kunjungan tersebut adalah soal anggaran dana. Dibandingkan Perpustakaan di Kalteng, perpustakaan Palnam jauh lebih besar. “Anggaran kami cuma sekitar Rp8 milar sebelum pandemi sekarang di bawah itu, sementara Kalsel sekitar Rp39,3 hampir 40 milar,” ujarnya.

Meski demikian, menurut Siti Nafsiah, pesatnya kemajuan Perpustakaan Palnam bukan hanya karena besarnya anggaran, tapi tekad kuat menjadikan Kalsel melek literasi. Salah satu gerakan yang dilakukan Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel yakni Gerakan Kalsel Membaca. “Walaupun sekarang ini situasinya hampir tidak memungkinkan, tapi Perpustakaan Palnam tidak berhenti bergerak,” puji Siti Nafsiah. “InsyaAllah hasil kunjungan ini akan kami jadikan bahan untuk meningkatkan layanan di Perpustakaan Kalteng,” pungkasnya.

banaranmedia.com