Komisi III DPRD Kalteng Kagumi Perhatian Pemprov Kalsel kepada Dispersip

Pelajari sistem kelola layanan perpustakaan dan kearsipan di era new normal, Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) belajar ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ). “Tidak hanya kualitas, tapi mereka punya gebrakan untuk mendukung Pemprov Kalsel,” ucap Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalteng, Hj Siti Nafsiah, Kamis (13/8/2020).

Salah satu yang dilakukan Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel adalah Gerakan Kalsel membaca. “Walaupun situasinya seperti sekarang ini, tapi mereka tidak berhenti bergerak,” ujarnya. Selain itu, Siri Nafsiah mengungkapkan anggaran yang dimiliki Dispersip Provinsi Kalsel lebih besar dibandingkan Perpustakaan Kalteng. “Kami punya hampir Rp 8 milar sebelum pandemi. Sekarang, di bawah itu. Sedangkan Kalimantan Selatan,   Rp 39,3 miliar, hampir Rp 40 milar. Jadi, perhatian pemerintah terhadap Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini luar biasa,” bebernya.

Dari hasil kunjungan ke Dispersip Provinsi Kalsel, rombongan akan membawanya ke bidang koordinasi, komunikasi dan sebagainya untuk menjadi bahan pembelajaran untuk Kalteng. “Sebetulnya soal anggaran tidak ada idealnya. Terpenting, bergerak dulu dengan anggaran yang ada. Nanti,  anggaran akan datang sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardi, mengatakan suatu kehormatan dikunjungi anggota DPRD provinsi tetangga. “Insya Allah, juga berkunjung ke sana,” ucapnya. Kemudian dikatakan, awal mula kiat-kiat membangun Dispersip dimulai dengan anggaran yang sedikit dan dengan keterbatasan SDM maupun anggaran.

banjarmasin.tribunnews.com