Kolaborasi TNI dan Dispersip Kalsel Dimulai, Tingkatkan Minat Baca di Lokasi TMMD ke-110

Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021, oleh Kodim 1003/Kandangan, resmi dimulai, yang juga berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan, untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Menyasar Kampung Pariangan Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), personel TNI dan Polri melaksanakan sasaran fisik, seperti pembuatan jalan dan jembatan. Sedangkan Dispersip Kalsel dan Dispersip HSS melaksanakan bagian non-fisiknya, untuk mendekatkan buku kepada anak-anak sekaligus memberikan edukasi yang menghibur.

Di kegiatan yang berlangsung 02–31 Maret ini, Dispersip Kalsel menurunkan armada perpustakaan keliling (pusling) dan motor trail pustaka, untuk mendatangi anak-anak di lokasi pengabdian dan sekitarnya.

Kepala Dispersip HSS, H. Hubriansyah menyampaikan, saat ini anak-anak sekolah banyak di rumah dan buku-buku pelajaran mereka sangat terbatas, sehingga dengan adanya sinergi ini, ia berharap dapat menambah bahan bacaan dan pengetahuan para anak didik. “Alhamdulillah kita bisa berkolaborasi bersama di dalam TMMD kali ini, dan sangat disambut senang anak-anak di sini. Tentu ini dapat meningkatkan minat baca mereka,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani Dardie mengatakan, partisipasi ini telah ia siapkan jauh hari. “Kolaborasi bersama TNI ini tentunya untuk peningkatan minat baca dan literasi, terutama menyasar anak-anak di pedesaan, termasuk warga sekitar,” paparnya di lokasi TMMD.

Dandim 1003/Kandangan, Letkol. Arm. Dedy Soehartono, S.I.P. mengatakan, pelaksanaan TMMD ke-110 ini sebagai bentuk dukungan terhadap percepatan pelaksanaan program pemerintah daerah dalam pembangunan di desa. Selain di HSS, Tim Pusling juga ikut serta di TMMD Tabalong, yang dipimpin Sekretaris Dispersip Kalsel, Muhammad Ramadhan, yang juga dimulai di hari yang sama.

TMMD Kandangan

Suasana mendekatkan buku di Lokasi TMMD Kabupaten Tabalong

Sumber:jurnalkalimantan.com