Kisah Legenda Gariwak Menumbak Babi, Aulia Wakili Kalsel Ke Tingkat Nasional

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan menggelar lomba bercerita bagi siwa Sekolah Dasar tingkat provinsi, di Aula Perpustakaan Palnam, Selasa (14/7/2020).

Beragam cerita rakyat dikisahkan siswa SD lengkap dengan atribut busana daerah, baik secara langsung maupun ditampilkan virtual.

Aulia Kasih, Siswi SDN 3 Sungai Taib Kabupaten Kotabaru menungguli perserta lainnya, yang akan mewakili Kalsel untuk lomba bercerita di tingkat nasional. Membawa kisah daerah Legenda Gariwak Manumbak Babi, Aulia memukau para dewan hakim yang menjadi juri lomba bercerita. Aulia mengatakan sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba cerita sedari awal.

Sementara itu Kadispersip Kalsel Nurliani. M.AP mengungkapkan bahwa acara lomba bercerita ini diikuti oleh 10 peserta dari kabupaten dan kota di Kalsel, sebanyak 6 peserta hadir live sedangkan 4 peserta melalui fasilitas virtual Zoom.

Bunda Nunung sapaan akrabnya mengatakan bahwa anak-anak yang mengikuti lomba bercerita ini adalah seluruhnya menjadi juara karena mereka berani tampil dipanggung dan via virtual untuk bereskpresi menyajikan cerita banjar yang menjadi kenangan mereka pada saat dewasa kelak. “Lomba ini sebagai cara untuk menumbuhkembangan minat baca dan keterampilan anak-anak untuk berani tampil didepan banyak orang tanpa rasa canggung,” ucap mantan Kadispersip Banjarbaru ini. Dia merasa bangga dengan keberanian dan kemampuan siswa-siswi SD dalam mebawakan cerita rakyat di hadapan para juri.

Bunda Nunung menambahkan bahwa di era milenial sekarang diperlukan keberanian untuk tampil berinovasi dan berkreasi salah satunya dengan mengikuti lomba bercerita. Dia berharap Aulia Kasih yang mewakili Kalsel akan masuk dalam 3 besar pada Lomba tingkat Nasional kelak dibulan September 2020 di Jakarta.

Lomba Bercerita tingkat SD/MI se Kalimantan Selatan ini setiap tahun diselenggarakan oleh Dispersip Kalsel dengan alokasi Dana Dekonsentrasi dari Perpusnas RI, tahun ini dilaksanakan di gedung pertemuan Dispersip Kalsel dengan menerapkan protokol kesehatan.

jejakrekam.com