Kepala Perpustakaan RI : Paman Birin Layak Raih Nugraha Jasa Pustaloka

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor meraih penghargaan Nugraha Jasa Pustaloka sebagai pejabat publik yang berperan dalam kebijakan gemar membaca.

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando kepada Gubernur Kalimantan Selatan bersamaan dengan Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan Kabupaten Kota se-Kalsel di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Rabu (9/10) pagi.

Syarif mengatakan, penghargaan tersebut diberikan berdasarkan dari seleksi yang sangat ketat secara nasional.

“Layak saja beliau (Gubernur Kalsel) mendapatkannya, karena dilihat sejak menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Selatan, beliau mempunyai kebijakan dan aktivitas untuk mengembangkan perpustakaan dengan baik dan konsisten kebijakan gemar membaca bagi seluruh komponen masyarakat,” tutur Syarif.

Syarif menambahkan, selain Gubernur Kalsel, Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Sulawesi Selatan serta Bupati Walikota serta tokoh masyarakat juga meraih penghargaan tersebut.

“Jadi siapa saja yang mempunyai kebijakan atau aktif mengajak untuk gemar membaca juga mendapatkan penghargaan,” ucapnya.

Sementara itu, usai menerima penghargaan tersebut, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengucapkan syukur dan terima kasih kepada pemerintah pusat atas apresiasi tersebut.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, penghargaan tersebut dapat diraih karena kerja keras masyarakat dan penggiat perpustakaan.

“Alhamdulillah, kerja keras kita selama ini membuahkan hasil. Pemerintah pusat memberikan apresiasi atas apa yang sudah kita kerjakan dan kita tidak akan berhenti sampai disini,” kata Paman Birin.

Paman Birin menuturkan, Kedepannya akan terus mengembangkan dan mempertajam lagi apa yang menjadi kebutuhan di masyarakat, terutama dalam menyerap aspirasi masyarakat dan daerah-daerah yang membutuhkan peningkatan SDM.

“Untuk itu ayo ke perpustakaan, mari giat dan gemar membaca, berkat membaca wawasan kita menjadi luas, karena yang namanya gudangnya ilmu itu adalah perpustakaan,” tandas Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Nurliani mengatakan bahwa minat baca masyarakat Kalsel terus meningkat. Hal itu terbukti karena hampir setiap hari pengunjung perpustakaan selalu ada.

“Jadi, hampir setiap hari ada yang berkunjung ke perpustakaan, apalagi untuk umum selalu bertambah. Harapannya tidak hanya anak-anak atau remaja saja yang ke perpustakaan untuk membaca, tapi semua usia juga dapat ke perpustakaan,” tandasnya.

Ke depan dengan anggaran dana yang semakin naik, rencananya selain rehab bangunan perpustakaan, Nurliani juga akan menambah koleksi buku untuk mengisi perpustakaan keliling dan perpustakaan trail.

www.jejakbanua.com