Kepala Dispersip Kalsel Imbau Orang Tua Dekatkan Buku Pada Anak Sejak Usia Dini

Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional tahun 2020, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan, Nurliani Dardi mengimbau kepada para orang tua agar lebih mendekatkan buku kepada anak sejak usia dini.  Kepala Dispersip Kalsel yang akrab disapa Bunda Nunung itu pun mengatakan, peran orang tua sangat penting dalam pembentukan karakter dan minat baca anak.

Dikatakan Nunung, untuk menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini, orang tua bisa meletakkan buku-buku berwarna dan bergambar yang mencolok di dekat anak. “Taruh saja bercampur dengan mainan mereka, nanti mereka akan tertarik dengan sendirinya,” ujar Nunung, Banjarmasin, Sabtu (16/5/2020). Tidak hanya orang tua, lanjut Nunung, peran keluarga, lingkungan, serta dunia pendidikan juga menjadi faktor penting dalam membentuk karakter dan minat baca anak usia dini.

Lebih jauh Bunda Nunung mengatakan, dengan banyak membaca mampu menjadikan seseorang lebih berkualitas dan diperhitungkan dalam kehidupan sosial. “Siapun kita apapun profesi kita entah itu ASN, pegawai swasta, pelajar, mahasiswa, jurnalis ataupun ibu rumah tangga, jika kita ingin diperhitungkan maka kita harus punya kualitas yang lebih atau diatas rata-rata. Untuk menjadi yang berkualitas lebih itu mau tidak mau kita harus banyak membaca,”  tukas Nunung.

diskominfomc.kalselprov.go.id