Kembangkan Literasi Anak, Dispersip Kalsel Hadirkan Pendongeng Ria Enes

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan telah menggelar Wicara Virtual bersama Pendongeng terkenal di tanah air, yaitu Ria Enes Dan Susan Bonekanya. Kegiatannya ini dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2020. Dan diikuti peserta sekitar 500 lebih. Melalui aplikasi zoom dan disiarkan langsung juga dimedia sosial youtube.

Adapun kegiatan Wicara Virtual tersebut dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2020, Alhamdulillah berjalan lancar dan sukses pelaksanaannya, Pastinya, kita sangat berterimakasih kepada participan dari Sabang sampai Merauke, khususan terimakasih atas support dan dukungan serta doa seluruh masyarakat Kalsel.

Kita salut juga buat Dispersip Provinsi Kalsel yang selalu membuat acara dengan menghadirkan narasumber yang kompeten tingkat nasional. “Semoga dengan dihadirkan pendongeng Ria Enes Dan Susan Bonekanya, ini bisa membangun karakter anak-anak untuk rajin membaca buku baik buku cerita bermanfaat untuk pengetahuannya dan buku lainnya,” ujar Kepala Dispersip Kalsel Hj Nurliani Dardie kepada tajam.news, Kamis (30/7).

Sementara itu, Dra. Titiek Kismiyati, M. Hum Pustakawan Utama Perpusnas RI mengungkapkan acara ini sangat bagus terutama untuk para orang tua untuk mengenalkan minat baca kepada anaknya sejak usia dini di lingkungan keluarga. “Kita merasa senang bagaimana Ria Enes mengajak orang tua anak agar mendongengkan cerita sebagai cara awal juga mengenalkan anak agar suka membaca buku,”ungkapnya.

Kita salut juga buat Dispersip Provinsi Kalsel yang selalu membuat acara dengan menghadirkan narasumber yang kompeten tingkat nasional. Bahkan pesertanya bukan hanya dari Kalsel tetapi dari seluruh Indonesia. “Sukses buat Dispersip Prov. Kalsel dan sukses juga buat Bunda Nunung panggilan akrabnya sebagai kepala kadisnya,”katanya.

Sedangkan, Anggota Dewan Pertimbangan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) pusat, Nova Rasdiana, menyampaikan Bunda Nunung telah membuat banyak juga gebrakan dalam pengembangan minat baca. “Alhamdulillah, ini bisa membuat anak-anak dan masyarakat ketagihan membaca di perpustakaan karena buku-buku yg up to date, juga update akan teknologi untuk anak-anak serta masyarakat mudah mengeksplore pengetahuan baik itu konten-konten lokal maupun dunia,”tuturnya.

Meski demikian, masyarakat di Kalimantan Selatan bisa tumbuh semangatnya dan lebih percaya diri karena tidak tertinggal dalam ilmu dan pengetahuan. Bunda Nunung tidak capek-capeknya mengeksplore perkembangan literasi baik dari SMP dan ke pameran-pameran buku Internasional frankfurt, london dan negara maupun daerah lainnya. “Semoga bunda Nunung diberikan kesehatan dan terus menerus untuk tetap berkarya kemajuan Perpustakaan Daerah Kalsel,” harapnya.

Sementara itu, Pendongeng terkenal di tanah air, Ria Enes dan Bonekanya Susan menambahkan kita menginginkan Perpustakaan Daerah Kalsel untuk terus bisa mengembangkan minat baca terhadap masyarakat. Dan mengajak kepada orang tua untuk bisa membangun karakter anak-anaknya baik dalam membaca buku melalui buku cerita yang menarik untuk menambah wawasannya.

Dalam dunia pendidikan, kita tahu banyak sekali media sosial maupun internet yang kita butuhkan supaya bisa menarik perhatian anak-anak untuk membaca buku. Apalagi zaman modern ini, hendaknya teknologi berupa Handphone bisa digunakan dengan baik. Misalnya membaca buku agar memperluas ilmu pengetahuannya. “Tapi untuk yang lebih mudah bisa juga menggunakan boneka yang berbicara atau hidup bila menghiburnya, dan dongengkan cerita yang bermanfaat untuk cocok diusianya, agar kedepannya bisa melahirkan anak yang cerdas dan berguna bagi bangsa dan negara,”tutupnya.

tajam.news