Kembangkan Layanan Berbasis Teknologi Informasi, Dispersip Kalsel Gelar Workshop

Terus tingkatkan pelayanan dalam sektor teknologi informasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) gelar workshop Perpustakaan Berbasis Informasi Teknologi bagi Pengelola Perpustakaan di Daerah se-Kalsel, Rabu (24/2).

Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dadie mengatakan, acara ini merupakan salah satu cara pengembangan informasi teknologi untuk sektor perpustakaan saat ini.  “Melalui workshop ini, kami juga mengajak Perpustakaan daerah di Kalsel untuk dapat melihat perkembangan informasi teknologi saat ini,”ucap perempuan yang akbar disapa Bunda Nunung ini kepada media (24/2).

Tidak hanya menekankan adanya peluang perkembangan teknologi untuk Perpustakaan, pengembangan teknologi ini juga menyesuaikan dengan keadaan sekarang, yakni situasi pandemi Covid-19. “Situasi sekarangkan masih ada pandemi Covid-19. Jadi hal tersebut membuat pergerakan masyarakat terbatas. Jadi kami harus bisa membuat mereka mengakses perpustakaan dari rumah,” ujarnya.

Bunda Nunung menjelaskan, transformasi berbasis informasi teknologi ini dapat membantu masyarakat, khususnya pelajar maupun mahasiswa, agar bisa mengakses buku-buku yang disediakan perpustakaan dari rumah. Workshop yang bertempat di Hotel Rattan In ini dihadiri oleh dua pemateri yang berasal dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas RI).

Di sisi lain, Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI, Nelwaty yang juga merupakan salah satu narasumber dalam workshop ini mengatakan, transformasi pelayanan dalam perpustakaan sangat diperlukan di situasi pandemi sekarang. “Di masa pandemi Covid saat ini, membuat pergerakan kita terbatas. Untuk itu perpustakaan harus memberikan layanan layanan yang sifatnya bisa menjangkau masyarakat jauh, atau yang tidak bisa datang langsung ke perpustakaan,” ucapnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Perpustakaan Daerah sendiri seharusnya mulai melakukan digitalisasi koleksi buku yang dimiliki. Yakni melalui layanan elektronik seperti E-Kalsel kepunyaan Dispersip Kalsel atau E-Pusnas. Dalam workshop kali ini juga turut dihadiri Kadispersip Hulu Sungai Utara (HSU), Kadispersip Batola, dan Kadispersip Tanah Laut.

sumber:maknanews.com